Obat Herbal Mengobati Penyakit Lever

By | December 28, 2016

Setiap orang menempuh cara yang berbeda-beda dalam menyembuhkan penyakit yang dideritanya, ada yang memilih jalan pengobatan tradisional dengan mengandalkan ramuan herbal dari alam, ada juga yang lebih mengandalkan pengobatan modern dengan datang ke dokter dan diobati dengan berbagai peralatan canggih dan berbagai macam obat-obatan yang diproses dengan teknologi modern. Setiap jalan pengobatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sama-sama menawarkan peluang untuk sembuh. Salah satu jenis penyakit yang diderita manusia adalah penyakit lever atau sering juga disebut dengan penyakit kuning. Penyakit ini bisa diobati dengan obat-obatan modern yang diproses di pabrik, namun bisa juga diobati dengan mengandalkan obat alami yang diproses secara herbal. Berikut ini akan diulas mengenai obat herbal untuk penyakit lever atau penyakit kuning.

Rebusan Buah Sukun

Sakit lever bisa disembuhkan dengan alami dengan mengandalkan buah sukun. Caranya, cukup rebus buah sukun yang sudah tua. Air rebusan buah sukun itu diminumkan kepada si penderita penyakit kuning tersebut sehari tiga kali, yaitu pada pagi, siang, dan malam hari, setidaknya selama seminggu berturut-turut.

Cara merebus buah sukun agar proses penyembuihan lebih maksimal adalah dengan cara memotong buah sukun menjadi empat bagian, kupas jangan terlalu tebal, kemudian cucilah buah sukun yang sudah dipotong tersebut sebelum direbus. Siapkan air secukupnya ke dalam panci dan rebus di atas api hingga benar-benar mendidih. Jika air sudah mendidih, dinginkan air rebusan buah sukun tersebut, kemudian minumkan kepada penderita penyakit lever ketika air rebusan mulai dingin. Minumlah dalam kadar sebanyak mungkin. Akan lebih baik jika setiap haus, si penderita penyakit lever untuk meminum air rebusan tersebut, jangan minum yang manis-manis terlebih dahulu hingga setidaknya seminggu.

Rebusan Daun Sukun

Selain dengan air rebusan buah sukun, penyakit lever bisa diobati dengan obat herbal lainnya yaitu dengan mengandalkan daun sukun. Caranya, ambillah kira-kira 20 (dua puluh) lembar daun sukun yang sudah tua dan warnanya mulai menguning, kemudian rebuslah daun tersebut ke dalam air sepanci. Tunggu hingga benar-benar mendidih dan daun sukun tersebut mulai berwarna kecoklaan dan layu. Air rebusan daun sukun tersebut biasanya akan menjadi keruh atau kecoklatan seperti warna air teh. Jika sudah berwarna kecoklatan, matikan api dan tunggu air rebusan daun sukun di panci mulai tingin. Berikan air rebusan tersebut kepada penderita lever.

Khasiat air rebusan buah sukun sama baiknya dengan air rebusan daun sukun bagi penderita penyakit lever. Jika dalam waktu seminggu berturut-turut obat herbal berupa air rebusan tersebut sudah diberikan secara teratur setidaknya sehari tiga kali namun belum ada tanda-tanda penyakit levernya mulai sembuh, ada baiknya untuk melakukan periksa ke dokter karena umumnya penyakit lever yang tidak mempan diobati dengan air rebusan buah atau daun sukun berarti sakit levernya sudah parah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *