Obat Herbal untuk Penyakit Kulit

By | December 1, 2016

Penyakit kulit tentunya sangatlah mengganggu, tak hanya membuat tubuh tak nyaman, namun juga membuat aktivitas sehari-hari terganggu karena kita lebih sibuk untuk menggaruk tubuh yang terasa gatal. Ada banyak jenis penyakit kulit seperti panu, kadas, kurap, juga eksim yang disebabkan karena adanya bakteri di kulit. Untuk mengatasi penyakit gatal-gatal ini, sebenarnya bisa menggunakan obat herbal tradisional di sekitar kita, seperti obat-obatan berikut ini:

Lemon dan Minyak Kelapa

Apabila tubuh terasa gatal-gatal, cara tradisional untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan lemon serta minyak kelapa VCO (Virgin Coconut Oil). Cara pembuatan ramuan ini sangatlah sederhana, yaitu cukup dengan mencampurkan perasan air lemon dengan minyak kelapa VCO. Setelah bahan-bahan tersebut dicampurkan, lalu oleskan ke area kulit yang gatal. Diamkan selama semalam hingga gatal-gatal di kulit mereda atau menghilang.

Kunyit

Kunyit yang biasa digunakan untuk bumbu masak, ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Caranya adalah dengan menggunaan kunyit yang sudah tua. Kunyit tersebut ditumbuk, kemudian ditambahkan dengan daun sambiloto. Sebelum ditumbuk, pastikan kunyit dan daun sambiloto sudah dicuci hingga bersih, hal ini untuk menghindarkan kulit dari iritasi. Hasil tumbukan kunyit dan daun sambiloto kemudian dioleskan ke bagian tubuh yang terasa gatal.

Lidah Buaya

Pernah merasakan gatal hingga kulit bentol-bentol berisikan cairan? Tak perlu panik, untuk mengatasinya, gunakan obat herbal lidah buaya yang memang sudah dipercaya selama puluhan tahun untuk mengobati penyakit kulit.  Caranya adalah dengan memotong lidang buaya, ambil dagingnya kemudian oleskan pada kulit yang gatal. Apabila daging lidah buaya masih tersisa, dapat disimpan di dalam freezer kulkas maksimal hingga 7 hari.

Tanah Liat

Mungkin terdengar agak aneh, karena tanah liat biasanya digunakan unuk membuat produk-produk kerajinan seperti gerabah. Namun ternyata, tanah liat ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa gatal pada kulit yang disebabkan oleh sengatan atau gigitan serangga. Cara kerja tanah liat ini pada area kulit yang gatal ini adalah dimana tanah liat mampu menarik racun penyebab gatal pada kulit.  Cara pengobatannya adalah dengan mencampurkan tanah liat dengan air kemudian menjadi lembek, lalu cukup oleskan campuran tersebut ke bagian tubuh yang gatal.  

Petai Cina

Obat tradisional untuk kulit gatal selanjutnya adalah petai cina. Tanaman ini ternyata memiliki manfaat yang tinggi dalam menghentikan rasa gatal yang dikarenakan alergi.  Cara pembuatan obat ini adalah dengan cara merebus petai cina dengan daun sirih hingga mendidih. .Setelah airnya dingin atau hangat, rebusan petai cina da daun sirih ini langsung dioleskan pada area tubuh yang gatal.

Bahan-bahan obat herbal ini selain mudah didapatkan , juga mudah untuk dibuat ramuannya. Oleh karena itu, sebelum menggunakan obat-obatan medis, taka da salahnya untuk menggunakan obat tradisional tersebut terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *