Obat Luka Diabetes Dan Cara Merawatnya

By | June 2, 2017

Luka kaki diabetes bisa menyebabkan bahaya, itu sebabnya harus diwasapadai dan segera diobati. Alangkah baiknya dilakukan pencegahan, namun jika sudah terlanjur maka diperlukan obat luka diabetes yang ampuh dan mujarab.

Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi cara merawat dan menyembuhkan luka kaki diabetes agar tidak menyebar dan sembuh sedikit demi sedikit dengan sendirinya. Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering

Cara Merawat Luka Diabetes

  • Mengontrol Luka

Di dalam luka diabetes terdapat dua jenis luka, yaitu luka basah dan kering. Cara penanganan masing-masing luka berbeda. Untuk luka basah, sebaiknya dibalut dengan perban agar tidak terkena kotoran, debu dan air. Hal ini dilakukan agar luka cepat kering dan tidak terjadi infeksi.

Selain itu biarkan di angin-angin sebentar agar cepat sembuh. Proses mengontrol luka memang sangat penting dan harus dipantau setiap hari agar tidak terjadi infeksi baru yang bisa menyebar ke jaringan lainnya. Mengontrol luka diabetes bisa dilakukan sendiri, tapi jika tidak tahu dan belum berpengalaman bisa di bawa ke dokter agar ditangani lebih baik.

  • Menghentikan Pendarahan

Apabila luka diabetes mellitus tersebut basah dan mengalami pendarahan, maka cara menghentikannya bisa dengan menekan luka yang menimbulkan darah tersebut keluar. Gunakan kain kassa yang steril sampai pendarahan berhenti.

  • Menggunakan Antiseptic

Penggunaan antiseptic sangat membantu membersihkan luka karena di dalam luka diabetes terdapat virus dan bakteri yang dapat menginfeksi jaringan lain. Dengan antiseptic dapat mencegah dan menghambat bakteri, virus dan kuman yang berkembang dan menyebar ke jaringan yang lain.

  • Membalut Luka

Jika luka tersebut basah dan bernanah, maka harus sering dibersihkan agar selalu bersih. Bersihkan setiap hari dengan rutin menggunakan rivano dibantu dengan kain kasa yang steril dan hindari menggunakan kapas.

  • Obat Luka Diabetes Alami

Jika Anda takut menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan kimia untuk mengobati luka diabetes, solusinya bisa menggunakan ramuan obat dari bahan-bahan alami atau herbal. Mengkonsumsi obat herbal lebih aman dibandingkan dengan obat medis yang menggunakan bahan kimia.

Obat Alami Mengobati Luka Diabetes

  • Kunyit

Siapkan satu rimpang kunyit yang sudah dicuci, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih dan masukkan 1 sendok garam. Rebus sampai mendidih lalu saring dan biarkan dingin. Minum ramuan 2 kali satu hari.

  • Brotowali

Siapkan 10 meter batang brotowali, segenggam akar papaya dan cuci kedua bahan hingga bersih. Lalu rebus dengan air mendidih dan saring. Minum selagi ramuan sudah dingin.

  • Mahkota Desa

Siapkan 3 – 5 potong tangkai tanaman mahkota dewa yang sudah dicuci bersih. Tambahkan 3 lembar daun salam yang sudah dicuci hingga bersih. Rebus kedua bahan menggunakan 3 gelas air, diamkan hingga mendidih dan tersisa ½ gelas. Saring lalu minum 2x sehari. Agar obat luka diabetes berhasil menyembuhkan, minum secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *