Obat Step: Ini Dia Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Pada Penderita Step

By | October 3, 2018

Menyaksikan seseorang dengan panas tinggi, kejang atau sering kali disebut sebagai obat step dapat menjadi hal yang menakutkan. Tetapi kebanyakan kejang bukanlah keadaan darurat. Mereka berhenti sendiri tanpa efek sakit permanen. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan kejang dan panas yang tinggi setelah dimulai. Tetapi ada langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk melindungi seseorang dari bahaya step atau kejang. Ada baiknya mengetahui beberapa pertolongan pertama dasar.

 Obat Step: Ini Dia Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Pada Penderita Step

Kejang umum melibatkan banyak area otak sekaligus. Orang jarang menyadari apa yang terjadi. Jenis yang paling terkenal jatuh dalam kelompok ini. kejang tonik-klonik umum, juga dikenal sebagai grand mal. Ini menakutkan untuk ditonton dan dapat menjadi keadaan darurat. Kondisi kejang biasanya otot-ototnya mengepal dan dia menjadi kaku seperti papan. Ini adalah fase tonik. Itu berlangsung beberapa detik. Selanjutnya, serangkaian gerakan menyentak-nyentak tubuhnya. Ini adalah fase klonik. Itu bisa berlangsung beberapa detik atau beberapa menit. 

Kejang umum bisa berbahaya karena orang itu tidak menyadari lingkungannya dan tidak dapat melindungi dirinya dari bahaya. Gerakan meronta-ronta yang tidak terkontrol selama kejang tonik-klonik umum meningkatkan kemungkinan cedera. Tipe ini paling mungkin menghasilkan perjalanan ke ruang gawat darurat. Pertolongan pertama adalah dengan memberikan obat step atau mengambil tindakan pencegahan. Anda kemungkinan besar akan membutuhkannya untuk kejang tonik-klonik umum. 

Inilah panduan yang dapat Anda lakukan untuk pertolongan pertama pada penderita step, yaitu:

  • Bersikap tenang.

Dengan bersikap tenang, maka akan menjadikan Anda tidak akan merasa panik sehingga bisa mengambil tindakan yang tepat.

  • Pindahkan anak.

Jika anak berada pada kondisi yang kurang aman, maka segera pindahkan anak ke tempat yang lebih aman dan lebih nyaman, misalnya memindahkannya ke kamar. Pastikan bahwa anak terhindarkan dari benda bahaya yang lainnya.

  • Lihat waktu anak mulai step.

Pada saat anak mengalami step, maka perhatikan jam berapa anak mulai step. Apabila anak mengalami step dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya Anda membawa anak ke rumah sakit agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Berikan bantal.

Pada saat buah hati Anda mengalami step, maka Anda dapat membaringkan tubuhnya serta memberikan bantal di bagian kepala. Dalam memberikan bantal maka Anda dapat melapisinya dengan handuk yang lembut. 

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Step memang sering kali menyerang pada siapa pun, termasuk pada anak-anak. Step terjadi biasanya diiringi dengan panas yang tinggi dan juga kejang-kejang. Jika anak Anda memiliki riwayat step, maka sebaiknya Anda menyediakan obat step di rumah agar segera menurunkan panasnya yang tinggi dan menghindarkan anak dari step. Kejang pada tubuhnya dengan panas yang tinggi memang sering kali membuat para orang tua merasa khawatir dan bingung tindakan apa yang harus dilakukannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *