Obat Tradisional Penyakit Liver

By | August 24, 2017

Liver adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tuuh mengatur hormon mengontrol kolesterol dan metabolisme lemak, serta menyimpan vitamin tertentu. Manusia setiap harinya terpapar racun serta polusi yang berakibat pada beratnya kerja liver apalagi jika sering mengonsumsi alkohol, kerapkali begadang dan perokok aktif maka peluang menderita penyakit liver lebih terbuka lebar.

Mengobati penyakit liver memang biasanya dipilih lewat medis, namun tak ada salahnya jika menggunakan obat-obatan alternatif yang alami berikut ini:

  1. Temulawak

Temulawak memiliki manfaat untuk melindungi liver, memperkuat sel liver dan bermanfaat juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak memiliki kandungan curcumin dan berkhasiat sebagai anti inflamasi alami serta anti hepatotoksik yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada kesehatan hati. Tak hanya itu saja temulawak juga dapat menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam sel hati dan darah dengan adanya kandungan kurkumin. Jadi tidaklah heran apabila temulawak mengandung protein pati 29-30%, kurkumin 1-2% serta minyak atsisri 6-10%.

  1. Sambiloto

Sambiloto memiliki kandungan zat andrographolid yang menimbulkan rasa pahit pada obat alami ini. Fungsi dari zat ini ialah merusak inti sel tumor serta bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu sambiloto juga sangat efektif untuk merangsang sel agar bisa membasmi bakteri serta virus yang masuk ke dalam tuuh sehingga daya tahan tubuh pun bisa meningkat.

  1. Kunyit

Kunyit memiliki manfaat untuk mengatasi pembengkakan serta peradangan. Zat yang terkandung dalam kunyit adalah minyak atsiri 6%, kurkuminoid 5%, fosfor, kalium, protein, vitamin C serta zat besi.

  1. Pegagan

Pegagan mempunyai efek untuk memperbaiki serta menguatkan sel hati serta menjadi penangkal radikal bebas yang isa merusak sel. Tak hanya itu pegagan juga berfungsi untuk meregenerasi sel liver yang rusak serta mengembalikannya menjadi sel sehat.

  1. Ikan Haremis

Ikan haremis (kerang kecil di pinggiran sawah atau sungai) juga bisa digunakan sebagai obat sakit liver caranya adalah merendam haremis selama 2 jam kemudian rebus air secukupnya lalu tambahkan sedikit garam. Minum air hasil rebusan haremis sebanyak 1 gelas untuk satu kali minum.

  1. Kencur

Selain temulawak dan kunyit, kencur ternyata juga bisa digunakan sebagai obat sakit liver, caranya adalah dengan menumbuk halus kencur 2 siung bawang merah 3 sendok teh brotowali satu ruas kunyit, serta ditambah sedikit daun kentutan. Setelah ditumbuk halus, kemudian ambil satu sendok teh ramuan lalu seduh dengan air mendidih, minum 3 kali sehari secara teratur selama 1 bulan.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk obat penyakit liver. Liver memiliki manfaat penting bagi tubuh, oleh karena itu harus dijaga sebaik mungkin dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *