Pahami Dan Waspada Dengan Penyakit Difteri

By | June 14, 2018

Difteri merupakan infeksi bakteri yang secara umum menyerang bagian selaput lendir di hidung serta tenggorokan, dan kadang bisa sangat mempengaruhi sekali pada bagian kulit. Penyakit difteri ini begitu menular serta bisa dibilang infeksi serius yang sangat berpotensi untuk mengancam jiwa.

Pahami Dan Waspada Dengan Penyakit Difteri

Penyakit difteri merupakan salah satu penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan imunisasi serta imunisasi pada difteri sudah masuk dalam program imunisasi wajib dari pemerintah Indonesia. Imunisasi difteri ternyata dikombinasikan bersama pertusis atau batuk rejan serta tetaus sering disebut dengan julukan imunisasi DPT. Usia anak yang belum genap 1 tahun harus memperoleh sebanyak 3 kali imunisasi difteri. Anak-anak yang dapat imunisasi tersebut hingga 3 kali di Indonesia khususnya.

Penyebab munculnya difteri karena adanya sebuah bakteri yang bernama Corynebacterium diphtheriae. Untuk penyebaran dari bakteri tersebut sangat mudah sekali, apalagi buat orang yang tidak memperoleh vaksin difteri. Beberapa cara penularannya seperti tidak sengaja menghirup udara di dekat penderita setelah penderita bersin atau batuk, barang yang sudah terkontaminasi karena bakteri penyebab penyakit difteri. Bakteri difteri bakal menghasilkan sebuah racun yang bisa membunuh semua sel sehat pada bagian tenggorokan, hingga berujung matinya sel. Semua sel yang sudah mati bakal membentuk membran berwarna abu-abu dalam tenggorokan. Selain itu racun yang sudah dihasilkan bisa saja menyebar pada aliran darah serta merusak ginjal, jantung, sistem saraf dan sebagainya.

Gejala dari penyakit difteri ini biasanya akan mengalami masa inkubasi dengan jangka waktu 2 sampai 5 hari. Gejala-gejalanya seperti sakit tenggorokan, suara serak, demam sekaligus menggigil, lemah, lelah, bengkaknya kelenjar limfe di bagian leher, pilek yang awalnya cair jadi kental kadang campur dengan darah.

Baca juga: Kenali Penyebab dan Gejala Awal Penyakit Difteri Menyerang Kesehatan Anda

Apabila terkena penyakit difteri, sebaiknya untuk segera menghubungi pihak kedokteran. Karena penyakit ini adalah penyakit yang bisa membuat kerusakan di bagian ginjal jantung serta sistem saraf kalau tidak segera untuk menjalani pengobatan. Biasanya pihak dokter akan memberikan sebuah terapi dengan agresif dan cepat. Selama menjalani proses pengobatan, kadang dokter mengajurkan juga untuk si penderita opname di rumah sakit pada ruangan osilasi sampai pasien tidak berpotensi bakal menularkan kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *