Panduan Memilih Produk Herbal Yang Baik dan Aman

By | August 8, 2018

Dari semua obat herbal yang di hasilkan dari berbagai jenis tanaman yang di ambil dari dedaunan, akar akaran wangi, kulit kayu, buah, ataupun dari bunganya. Dari semua tanaman pastinya akan memiiki manfaat yang bagus untuk tubuh manusia. Namun obat herbal ini bisa tidak boleh di konsumsi jika dalam proses racikannya salah. Maka dari itu anda dalam saat membeli produk herbal dari toko atau apotik lebih baik harus teliti. Pasalnya banyak juga obat herbal yang ada di pasaran masih mengandng bahan kimia.

Panduan Memilih Produk Herbal Yang Baik dan Aman

Kalian semua pastinya ingin mengkonsumsi obat herbal ini agar bisa sehat tanpa adanya efek samping. Namun jika salah pemilihannya maka akan mendatangkan penyakit baru, maka dari itu anda harus paham dalam pemilihan produk herbal. Seperti yang saat ini banyak beredar yakni produk suplemen yang tidak memiliki ijin edar BPOM. Bagi kalian yang ingin membeli atau memilih obat herbal sebaiknya simak tips dalam artikel ini.

Begini Cara Memilih Produk Herbal Dengan Baik dan Aman

Sebelum anda membelinya sebaiknya anda sebagai konsumen harus memahami ulasan dibawah ini yang bakal membahas terkait dengan pemilihan produk herbal dari pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Berikut ulasannya :

  • Cek Kemasan

Saat anda membeli produk herbal di toko atau di apotik sebaiknya anda perhatikan kemasannya. Pastikan kemasan produk tidak penyok, robek, berkarat, berlubang atau gompal. Perhatikan juga tanggal kadaluwarsanya.

  • Baca Label

Jika anda sebelumnya belum pernah menggunaka obat herbal tersebut maka sebaiknya anda baca dulu labelnya. Pahami apakah ada larangan dan kontraindikasi atau tidak, cara pemakaian yang benar dan berapa batasan dosis konsumsi dalam satu satu hari atau satu kali konsumsi.

  • Pastikan Memiliki Izin Edar

Salah satu yang harus anda pastikan dalam membeli produk herbal yakni dengan melihat izin edarnya. Apakah produk tersebut sudah memiliki izin edar dari BPOM atau belum. Adapun link yang bisa anda gunakan untuk pengecekan yang disajikan oleh BPOM untuk masyarakat. Ini link nya http://cekbpom.pom.go.id/.

  • Cek Logo dan Golongan Obatnya

Sebenarnya dalam ketentuan yang sudah di tetapkan oleh BPOM dimana obat herbal ini di bagi tiga kategori yakni Obat Herbal Terstandar (OHT), Jamu dan Fitofarmaka. Untuk obat herbal yang sudah lulus dalam uji praklinis dan klinis untuk manusia yakni obat herbal Fitofarmaka. Namun saat ini banyak sekali obat dengan jenis jamu atau OHT. Walaupun terkadang juga memiliki manfaat namun sebenarnya keduanya belum memiliki bukti keamanan dan uji klinis.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Seperti yang sudah banyak di ketahui produk herbal biasanya digunakan untuk proses pemulihan penyakit dan pengurangan resiko. Namun jika untuk penyembuhan sebaiknya anda juga harus berkonsultasi dengan ahlinya seperti dokter atau ahli medis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *