Pengobatan Alami untuk yang Mengalami Batuk Berdahak

By | April 24, 2018

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami kondisi batuk yang tak kunjung sembuh. Batuk yang tak kunjung sembuh tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas kerja sehari-hari. Batuk merupakan suatu reaksi dari sistem pertahanan tubuh manusia untuk mengeluarkan zat asing maupun kuman dari tubuh khususnya pada bagian pernafasan. Batuk sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu batuk berdahak dan batuk kering atau tidak berdahak. Penanganan untuk penyembuhannya pun berbeda-beda.

Pengobatan Alami untuk yang Mengalami Batuk Berdahak

Batuk yang berdahak merupakan batuk yang disebabkan karena infeksi pada paru-paru sehingga produksi dahak menjadi bertambah dari jumlah normal seharusnya. Kondisi ini yang menyebabkan saat batuk, tenggorokan akan mengeluarkan dahak. Batuk merupakan mekanisme alami tubuh untuk mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan sehingga pernafasan menjadi lega. Pengobatan untuk batuk bisa dilakukan dengan cara membeli obat kemasan dari apotek atau bisa juga dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita.

Untuk penyembuhan dengan bahan alami, Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini:

  • Jeruk nipis dan madu/ kecap.

Kedua bahan alami yang satu ini memang sudah sangat lama terkenal digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Jika Anda tidak menyukai salah satu campuran jeruk nipis, misalnya kecap. Maka Anda bisa menggunakan campuran jeruk nipis dengan madu sebagai alternatifnya. Begitu juga sebaliknya. Untuk caranya, Anda bisa mempersiapkan 1 hingga 2 jeruk nipis untuk diambil airnya. Selanjutnya campurkan air jeruk nipis tadi dengan kecap atau madu secukupnya. Anda bisa melakukannya dalam waktu 2 sampai 3 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau sampai sembuh.

  • Jahe dan kencur.

Jahe sebagai obat alami memiliki kandungan zat anti bakteri yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Selain itu jahe juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batuk yang berdahak. Bagi Anda yang sedang mengalami penyakit yang satu ini, sangat dianjurkan meminum sari jahe paling tidak satu kali sehari. Cara pengobatannya adalah dengan mengiris kecil-kecil untuk 2 ruas jahe dan i ruas kencur yang telah disediakan sebelumnya. Selanjutnya rebus irisan kedua bahan tersebut bersama air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu Anda bisa menyaring rebusan jahe dan kencur tadi untuk diambil airnya saja. Pergunakan air rebusan tersebut untuk diminum satu kali dalam sehari.

Baca juga Ragam Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk

  • Jahe dan daun sirih.

Untuk khasiat jahe sudah dipaparkan sebelumnya. Sedangkan untuk khasiat daun sirih sendiri selain bagus untuk pengobatan mata, bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi batuk berdahak. Untuk caranya adalah dengan menyiapkan terlebih dahulu beberapa lembar daun sirih dan beberapa ruas jahe secukupnya. Untuk jahe Anda bisa memotongnya kecil-kecil terlebih dahulu. Rebus daun sirih dan jahe dengan air sampai mendidih. Setelahnya minumlah rebusan air tadi minimal satu kali sehari untuk membuat tubuh tetap hangat dan batuk bisa disembuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *