Pengobatan Alternatif Untuk Penyakit Miom

By | June 8, 2017

Pengobatan Alternatif Untuk Penyakit Miom – Miom atau biasa juga disebut dengan mioma adalah pertumbuhan yang terjadi di sekitar atau di dalam rahim wanita serta tidak bersifat ganas. Jadi, mioma bukanlah termasuk ke dalam jenis penyakit kanker (tumor ganas), namun mioma bisa dikategorikan ke dalam tumor jinak. Miom atau uteri fibroid lebih disebabkan atau dipengaruhi oleh akivitas hormon seseorang, terutama hormon esterogen. Meskipun bukan termasuk penyakit berbahaya, namun jika dibiarkan terus menerus, penderita penyakit miom bisa saja akan mengalami gangguan-gangguan kewanitaan, seperti gangguan nyeri pada saat menstruasi, sakit saat buang air besar, serta yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya gangguan pada masa kehamilan. Gangguan pada wanita hamil bisa terjadi karena miom menghalangi sperma yang akan masuk untuk membuahi telur. Kalaupun sperma berhasil membuahi sel telur, bukan berarti tidak ada lagi gangguan sesudahnya. Bisa jadi, gangguan lain yang akan timbul sesudah itu adalah gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan janin yang kurang sempurna atau tata letak bayi yang kurang ideal sehingga pada saatnya akan berakibat pada sulitnya saat proses melahirkan.

Dengan seringnya memeriksakan ke dokter, maka penyakit ini akan segera terdeteksi, sehingga upaya pencegahan ke hal yang lebih buruk akan segera bisa teratasi. Namun sebagai langkah preventif bisa juga dilakukan pengobatan – pengobatan alternatif berupa ramuan resep tradisional (herbal) untuk mencegah dan mengatasi penyakit miom.

  • Ramuan Pertama

Bahan-bahannya adalah sediakan satu buah temu putih, satu buah temu mangga dan air empat gelas. Cara membuat ramuan yaitu terlebih dahulu bahan-bahan dicuci sampai bersih. Lalu dikupas dan diiris tipis-tipis. Kemudian semua bahan yang tersedia direbus sampai mendidih. Biarkan airnya menjadi separo. Angkat dan saring air rebusan. Ramuan dikonsumsi sehari tiga kali, masing-masing 2/3 gelas. Diminum selagi hangat.

  • Ramuan Ke-dua

Bahan-bahannya adalah siapkan 30 gram kunyit putih, 30 gram benalu teh kering, 50 gram temu mangga segar, 30 gram daun hia kering serta air lima gelas. Cara membuat ramuan yaitu terlebih bahan-bahan dicuci sampai bersih. Lalu kunyit putih dan temu mangga dikupas dan diiris tipis. Setelah itu, semua bahan direbus hingga mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat dan saring air rebusan. Ramuan dikonsumsi sehari 3 kali, masing-masing ½ gelas. Sebaiknya diminum selagi hangat sesudah makan.

  • Ramuan Ke-tiga

Bahan-bahannya adalah sediakan 10 lembar daun sambiloto, satu genggam benalu jeruk nipis, satu buah kunyit (ukuran agak besar) dan air lima gelas. Cara membuat ramuan yaitu terlebih dahulu semua bahan dicuci hingga bersih. Lalu kunyit dikupas dan diiris tipis-tipis. Setelah semua bahan direbus sanpai mendidih. Biarkan airnya menjadi setengahnya. Angkat dan saring air rebusan. Ramuan diminum selagi hangat sesudah makan sehari 3 kali masing-masing ½ gelas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *