Pengobatan Herbal Alami: Cara Mengobati Sakit Gigi

By | April 20, 2017

Pengobatan herbal – Siapapun orang yang ada di dunia, pasti akan menderita apabila gigi mereka sakit. Ya sakit gigi termasuk penyakit yang kerap membuat penderitanya tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Sakit gigi disebabkan ketika pulpa mengalami peradangan. Jika peradangan tersebut cukup akut, akan membuat penyakit tambahan lainnya, seperti nyeri, linu dan bengkak di sekitar area gigi Anda.

Bagi para penderita sikat gigi, biasanya mereka mengalami gejala-gejala yang kadang membuat tersiksa, seperti sakit kepala, demam dan pembengkakan.  Tingkat keparahan nyeri sendiri cukup bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Dan menurut kemunculannya, nyeri bisa timbul dan hilang secara terus-menerus (konstan) atau berulang-ulang.

Nah, di bawah ini Anda bisa menyembuhkan sakit gigi akut Anda, dengan cara pengobatan herbal  yang sudah terbukti khasiat dan manfaatnya. Simak ulasannya sebagai berikut.

  • Air Garam

Dibalik rasanya yang cukup asin, ternyata garam bisa kita gunakan sebagai obat sakit gigi alami. Garam mengandung yodium tinggi yang dapat membantu meredakan rasa ngilu atau nyeri pada gigi. Bahkan dengan penggunaan rutin, garam dapat membantu membunuh kuman/bakteri penyebab sakit gigi.

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan air garam:

   Siapkan garam sebanyak 3-4 sendok makan.

   Larutkan garam tadi kedalam segelas air hangat.

   Aduk sampai terlarut secara sempurna, kemudian gunakan untuk berkumur selama 1 menitan.

   Jangan mengunyah garam langsung, sebab penyebarannya tidak akan sampai ke sela-sela gigi.

Note: hentikan pemakaian jika sakit gigi sudah sembuh. Sebab penggunaan garam berlebihan dapat membuat gigi menjadi keropos.

  • Jeruk nipis

Nipis sebetulnya masih termasuk kedalam keluarga buah jeruk. Cuman, rasanya cukup masam sehingga sangat jarang yang mengonsumsinya langsung, paling-paling jeruk ini dibuat dalam bentuk minuman jus. Jeruk nipis mengandung senyawa antibiotik alami yang dapat meredakan sakit gigi berlubang akibat bakteri.

Cara meredakan sakit gigi dengan jeruk nipis:

   Sediakan 1 jeruk nipis yang masih segar, belah menjadi dua bagian.

   Peras dalam suatu wadah, lalu tambahkan 1 sendok makan.

   Oleskan ke area gigi yang sakit selama 10-15 menit.

   Jika sudah, berkumurlah dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

  • Cengkeh

Cengkeh banyak diekstrak dalam bentuk minyak. Nah minyak cengkeh inilah yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang. Rasa nyeri akibat sakit gigi akan berkurang, karena cengkeh memiliki senyawa anti-inflamasi tinggi yang bisa meminimalisir peradangan gigi.

Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan cengkeh:

   Siapkan minyak cengkeh secukupnya saja, bisa dua atau tiga sendok makan.

   Teteskan ke kapas, kemudian tempelkan ke bagian gigi berlubang.

   Diamkan selama 30 menitan, lalu bilas kumurlah dengan air hangat.

   Kamu juga bisa menambahkan minyak cengkeh ke segelas air, kemudian menggunakannya untuk berkumur.

Semoga info pengobatan herbal untuk menyembuhkan gigi Anda, bisa bermanfaat dan bisa Anda jadikan referensi. Terimakasih sudah menyimak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *