Pengobatan Herbal Alami Untuk Menghilangkan Penyakit Batu Empedu

By | April 12, 2017

Pengobatan herbal – Banyak sebagian dari kita yang saat sedang sakit melakukan  penyembuhan lewat cara-cara pengobatan herbal dan alami. Salah satu penyakit yang kerap menghantui masyarakat adalah penyakit batu empedu, yang bisa dilawan lewat pengobatan alternatif secara alami dengan menggunakan bahan-bahan herbal.

Apa itu penyakit batu empedu? penyakit batu empedu yaitu penyumbatan pada kantong empedu serta saluran oleh batu-batu keci. Batu-batu kecil itu dikarenakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak, tanpa Anda sadari dan juga tanpa disertai dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Biasanya tanda-tanda seseroang terkena penyakit batu empedu adalah merasakan nyeri di bagian perut sisi kanannya. Jika sudah ada tanda-tanda itu, sebaiknya Anda segera melakukan tindakan.

Penyakit batu empedu dapat juga diobati lewat pengobatan herbal dari beberapa bahan-bahan tradisional yang bisa Anda konsumsi untuk menyembuhkan penyakit batu empedu Anda. Simak ulasan kami seperti berikut:

baca juga: Obat Herbal Mengobati Penyakit Lever

  • Minyak Zaitun:

Minyak zaitun memang sudah dikenal khasiatnya sebagai salah satu ramuan alami untuk menyembuhkan penyakit batu empedu. Caranya adalah dengan  menyiapkan teh yang ditambahkan dengan perasaan jeruk nipis. Setelah itu, Anda bisa menambahkan satu sendok minyak zaitun. Minumlah ramuan ini dengan teratur. Dua kali sehari, pagi dan malam.

  • Daun Sirsak

Senyawa fitokimia banyak terkandung dalam buah sirsak, dimana zat tersebut memiliki peran yang signifikan untuk menstabilkan tubuh. Disamping itu daun sirsak juga sangat baik untuk penyakit batu empedu, pencahar (antisembelit), anti asam urat, serta berguna untuk meningkatkan selera makan.

Dari beberapa penelitian terbaru, disamping zat fitokimia, masih banyak zat-zat berguna lainnya yang ditemukan di dalamnya, diantaranya: acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin. Senyawa kimia tersebut erat sekali kaitannya dalam sistem pertahanan tubuh untuk mencegah berbagai penyakit.

Temu Lawak

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman yang satu ini. Temulawak memang dikenal sebagai tumbuhan obat yang sudah digunakan secara turun-temurun, dan biasanya sudah menjadi salah satu tanaman yang wajib ada dalam apotek hidup di pekarangan. Kandungan minyak atsiri yang terdapat dalam temulawak inilah yang berperan penting untuk mengobati batu empedu, minyak astiri dapat dijadikan cholagum yang sangat bermanfaat untuk menstimulasi pengeluaran air empedu.

Cara Membuat Ramuan dari Temu Lawak

Bahan:

30 gram temulawak

500 cc air

Cara:

Cuci bersih rimpang temulawak dan kupas kulitnya

Iris-iris rimpang temulawak menjadi bagian-bagian kecil.

Rebus air kurang lebih 500 cc hingga mendidih, kemudian masukkan irisan temulawak yang telah di sediakan sebelumnya.

Setelah air tersisa kira-kira 200 cc, angkat, kemudian air rebusan disaring.

Sajikan selagi hangat, dan minum sekali sehari secara rutin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *