Pengobatan Herbal untuk Penyakit Asma

By | February 10, 2017

Penyakit asma merupakan penyakit yang sangat menyiksa dan bahkan dapat mengganggu kenyamanan orang lain. Dada yang sakit ketika bernafas tentu akan sangat menyiksa, sementara suara mengi yang dihasilkan ketika mengambil nafas tentu akan membuat penderita asma seba salah jika berada di hadapan orang lain. Asma merupakan penyakit kambuhan yang sering kumat meski beberapa kali sudah diobati. Terutama jika cuaca dingin atau badan sedang tidak fit, asma akan kembali datang. Banyak orang yang sudah mencari berbagai cara untuk menyembuhkan penyakit asma, baik melalui pengobatan medis atau pijat tradisional. Sebenarnya, penyakit asma dapat ditangani dengan mengandalkan pengobatan herbal. Memanfaatkan obat-obatan dari alam akan membuat proses pengobatan menjadi lebih aman. Berikut ini adalah cara membuat obat herbal untuk mengobati penyakit asma.

Bahan yang Harus Disiapkan

Untuk mengobati asma dengan pengobatan herbal, ada beberapa bahan herbal yang harus disiapkan, yaitu: Daun sirih (15-20 helai), daun benalu (satu genggaman tangan), kembang sepatu (tiga tangkai), bawang putih (tiga siung), alang-alang (satu genggaman tangan), jeruk nipis (satu buah yang agak besar), madu (dua sendok), dan air putih tiga gelas besar.

Semua bahan-bahan tersebut harus dicuci dengan bersih hingga kotorannya hilang. Khusus untuk kembang sepatu jangan dicuci atau dibasahi, biarkan alami sebagaimana kondisi ketika dipetik.

Cara Memproses Obat Herbal Asma

Cara memproses bahan-bahan tersebut menjadi obat herbal untuk menyembuhkan penyakit asma cukup mudah. Pertama, tumbuklah bawang putih hingga halus. Langkah selanjutnya, rebuslah tiga gelas besar air putih hingga mendidih dengan api sedang. Masukkan semua bahan yang disebutkan di atas kecuali madu. Rebuslah hingga air pada panci sudah sangat keruh dan daun benalu mulai terlihat layu dan keehitaman. Jika memungkinkan, biarkan rebusan tersebut terus mendidih dengan api sedang hingga air dalam panci rebusan tersisa sekitar satu gelas.

Baca juga: CARA MUDAH MEMULAI GAYA HIDUP SEHAT

Siapkan gelas dan saringan, kemudian tuangkan air rebusan dari berbagai tanaman tersebut ke dalam gelas setelah disaring. Masukkan dua sendok madu kemudian aduklah hingga merata. Minumlah air ramuan tersebut selagi hangat. Minumlah dua hari sekali selama dua minggu dengan kadar takaran segelas besar sekali minum.

Obat Herbal Pendamping

Selain mengkonsumsi ramuan tersebut selama teratur dua hari sekali, pengobatan herbal pendamping berikut ini juga dapat membantu meringankan asma sehingga penderita asma dapat bernafas lebih plong. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan dua ruas jari jahe dan tiga kuntum bunga kenanga yang sudah dikeringkan. Rebuslah jahe yang dicampur dengan bunga kenanga kering tersebut hingga berwarna kuning kemerahan. Untuk menyedapkan rasa agar tidak terlalu pedas, tambahkanlah sesendok makan madu ke dalam gelas yang dituangi ramuan tersebut. Minumlah ramuan ini sehari dua kali. Ramuan pendamping ini akan meringankan asma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *