Pentingnya Cek Tanggal Kadaluarsa untuk Menghindari Obat Berbahaya

By | October 9, 2017

Obat merupakan salah satu komponen medis yang dapat menunjang pengobatan seseorang agar dapat sembuh lebih cepat. Obat ini diberikan untuk berbagai alasan baik untuk mencegah penyakit agar tidak semakin parah, menjadi obat penghilang rasa sakit, obat pencegah penyakit seperti vitamin, dan juga banyak obat lainnya. Obat yang akan dikonsumsi oleh pasien harus dipilih dengan baik dan hati-hati agar dapat aman dikonsumsi dan tidak menjadi obat berbahaya untuk dikonsumsi.

Ketika memilih obat yang akan dikonsumsi untuk pasien atau orang yang sedang sakit, ada beberapa tips agar dapat menghindari obat yang berbahaya dan tidak salah pilih. Berbagai tips tersebut adalah sebagai berikut ini:

Baca juga: Ciri Obat Berbahaya dari Herbal untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

  • Memilih jenis obat yang akan digunakan dan pastikan memilih obat yang cara konsumsinya pas untuk Anda. Karena ada banyak jenis obat yang ada dari obat kapsul, sirup, bentuk tablet, dan juga obat suntik. Sehingga untuk mendapatkan obat yang tepat Anda harus memilih jenis yang sesuai agar tidak menjadi obat yang berbahaya.
  • Memilih obat dari resep dokter sehingga sangat penting untuk dapat membeli atau memilih obat yang tidak sembarangan. Resep dokter sangat dibutuhkan untuk mendapatkan obat yang tepat di tempat yang tepat seperti apotek.
  • Sesuaikan obat yang dibutuhkan dengan jenis penyakit yang diderita sehingga bisa untuk periksa ke dokter terlebih dahulu.

Obat memang berguna untuk berbagai kondisi dan dapat untuk menjadi penyebab sembuhnya penyakit tertentu. Sehingga ketika sakit harus dipastikan Anda mengkonsumsi obat secara rutin sesuai dengan resep dokter. Bagi yang mempunyai penyakit berbahaya juga harus meminta resep dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan jenis obat yang tepat. Karena banyak obat di pasaran yang mudah dibeli dan ditemukan dengan berbagai resiko. Sehingga bagi yang mempunyai penyakit berbahaya seperti jantung harus memilih dan mengkonsumsi obat yang disarankan oleh dokter. Apabila hal tersebut tidak dilakukan obat yang harusnya dapat untuk menyembuhkan bisa menjadi obat berbahaya untuk dikonsumsi.

Selain harus menggunakan resep dokter, syarat lainnya agar menghindari obat yang dapat berbahaya adalah dengan mengamati tanggal kadaluarsa obat. Biasanya tanggal kadaluarsa obat akan tertera pada kemasannya baik itu di plastik, di botol, dan juga tempat obat lainnya. Bagi Anda yang akan minum obat harus cermat untuk mengamati tanggal kadaluarsa yang ada pada kemasan.

Karena apabila mengabaikan tanggal kadaluarsa pada obat tersebut maka obat yang menyembuhkan bisa untuk menjadi obat yang tidak layak dikonsumsi dan memperparah penyakit. Obat yang kadaluarsa menjadi obat berbahaya karena dapat menyebabkan keracunan obat sehingga penyakit yang diderita bisa tambah parah. Oleh karena itulah sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada pada obat umum sebelum akan mengkonsumsi obat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *