Pentingnya Menggunakan Skin Care

By | July 10, 2017

Rutinitas penggunaan skin care untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat bisa menjadi hal yang membingungkan. Pertama, hal yang paling sering menjadi pertanyaan adalah di usia berapakah kita harus memulai merawat kulit wajah dan menggunakan skin care? Umumnya wanita mulai menggunakan skin care apabila masalah mulai timbul dan tidak selalu berpatokan pada usia. Berbagai masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, pori-pori besar adalah alasan utama wanita mulai menggunakan skin care. Namun sebenarnya ada baiknya penggunaan skin care dimulai sejak usia remaja dimulai dan bukan karena munculnya masalah – bagaimana pun juga mencegah adalah lebih baik dari mengobati. Penggunaan skin care baiknya menyesuaikan kondisi kulit dan tujuan kulit yang ingin di capai. Hal pertama yang harus diketahui adalah jenis kulit masing-masing. Nah, bagaimana cara mengetahui jenis kulit kita? caranya, sebelum tidur di malam hari cuci muka dengan pembersih lalu tidur tanpa memakai produk apapun. Pada saat bangun di pagi hari, cek kondisi kulit wajah dan sesuaikan dengan tipe-tipe kulit diatas. Setalah mengetahui jenis kulit anda, sekarang saatnya untuk melihat skin care rutin yang harus digunakan.

Baca juga: Memilih Skin Care Sesuai Usia

  • Cleansing / Pembersih Wajah

Ada berbagai macam bentuk cleanser yang dijual di pasaran. Hal itu tidak menjadi masalah mana yang akan dipilih, sesuaikan dengan selera dan budget masing-masing. Fungsi cleanser sudah sangat jelas yaitu untuk membersihkan wajah dari kotoran, polusi, make up, dan debu yang menempel setelah beraktifitas seharian. Pastikan juga jangan sampai tertidur dengan make up masi menempel di wajah.

  • Facial Wash

Banyak orang memilih sabun muka yang hasilnya kulit terasa kencang dan kering, padahal itu tidak bagus. Carilah facial wash yang membuat wajah kenyal dan hasilnya bersih, bukan kencang dan kering. Sesuaikan juga jenis kulit wajah dengan sabun mukanya. Untuk kulit kering, disarankan menggunakan sabun muka yang creamy dan tidak menghasilkan banyak busa. Untuk kulit berminyak, pilih foaming cleanser karena lebih membantu untuk menghilangkan minyak berlebih.

  • Toner Wajah

Setelah cuci muka, kita juga perlu menggunakan toner. Fungsi toner antara lain memberikan kelembaban, membuat kulit terasa bersih dan segar, membantu menstabilkan pH kulit yang terganggu akibat mencuci wajah atau penggunaan pembersih lainnya, meminimalisir ukuran pori-pori, dan mengangkat sisa kotoran yang tidak terangkat saat cuci muka.

  • Sun Protection

Ini adalah bagian terpenting sebelum keluar rumah. Cahaya matahari berlebihan tidak bagus untuk kulit karena dapat menyebabkan keriput dan flek (kalau tidak memakai sunblock). Apply sunblock setiap pagi di wajah, leher dan dada atas setelah menggunakan moisturizer, bagi kulit oily dan berjerawat lebih baik pilih sunblock yang oil free. Untuk sehari-hari pakai sunblock dengan minimal SPF 15 dan untuk kegiatan outdoor lebih dari itu.

Nah, itu adalah rangkaian skin care yang sebaiknya anda gunakan setiap hari untuk investasi kulit di masa depan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *