Penyakit Ambeien Banyak Tanda Dan Gejalanya

By | June 27, 2018

Penyakit ambeien atau wasir merupakan sebuah keadaan dimana pemuluh dari vena yang berada sekitar anus mengalami peradangan atau bahkan bengkak. Kondisi seperti ini juga sering dibilang hemorrhoid, namun kebanyakan orang lebih kenalnya dengan sebutan ambeien. Wasir ini bisa timbul tepat di dalam rektum atau saluran penghubung dari anus dengan usus besar, atau di area anus. Umumnya penyakit ini disebabkan terlalu lamanya mengejan saat melakukan buang air besar (BAB). Jenis dari penyakit ini ada dua, seperti berikut:

Penyakit Ambeien Banyak Tanda Dan Gejalanya

  • Internal hemorrhoid. Ambeien timbul tepat di dalam sebuah saluran pada rektum. Namun umumnya internal hemorrhoid sama sekali tidak merasa nyeri tetapi membuat BAB menjadi berdarah.
  • External hemorrhoid. Ambeien bagian ini letaknya pada bagian luar anus serta mungkin akan sedikit merasakan gatal hingga nyeri, kadang bahkan sampai robek serta berdarah.

Wasir sendiri sebenernya merupakan keadaan yang sama sekali tidak berbahaya serta tidak menular juga. Tapi biasanya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya atau melalui proses penyembuhan memakai obat.

Beberapa tanda-tanda atau gejala-gejala dari penyakit ambeien adalah seperti merasakan gatal sekaligus iritasi di daerah rektum, mengalami pembengkakan di area anus, BAB keluar darah warna merah terang namun tidak nyeri, merasakan nyeri, dan ada benjolan sensitif. Keadaan penyakit ini yang lebih sering membuat rasa kurang nyaman serta rasa nyeri seperti hanya external hemorrhoid. Berbeda sekali dengan internal hemorrhoid yang sama sekali tidak ada nyerinya.

Penyebab dari terjadinya penyakit ambeien karena adanya sebuah pembengkakan dari sang pembuluh darah vena. Dan pembengkakan itu dapat terjadi karena bisa menaikkan tekanan di bagian rektum sebelah bawah. Beberapa faktor yang membuat meningkat seperti duduk kelamaan, mengejan waktu BAB, diare (sebelit kronis), hamil, berat badan tidak normal atau berlebih, serta asupan makanan berserat masih kurang.

Baca juga: Tanaman yang Ternyata Ampuh Mengatasi Penyakit Hernia Tanpa Melakukan Operasi

Ada salah satu cara pengobatan yang bisa dilakukan dirumah, dengan cara merubah gaya hidup hingga pengobatan rumahan yang bisa dicoba guna mengobati penyakit ambeien. Beberapa cara mengatur gaya hidup serta menjalankan pengobatan rumahan yang bisa otomatis membantu menanggulangi wasir:

  • Berusaha selalu menjaga daerah anus selalu tetap bersih
  • Lakukan banyak olahraga secara teratur
  • Mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan tinggi serat serta minum air sebanyak mungkin
  • Posisi duduk tepat di bak mandi yang sudah berisi air hangat kurang lebih 10 menit sekitar dalam sehari bisa beberapa kali dilakukan.
  • Beri es. Lakukan pengompresan di bagian anus anda dengan memakai kantong es guna untuk meredakan pembengkakan
  • Usahakan jangan pakai kertas pembersih toilet yang kering. Guna selalu menjaga kebersihan area anus usai melakukan BAB, lebih baik gunakan sebuah handuk kecil namun lembab atau bisa menggunakan kertas toilet yang basah, tentunya tidak mengandung alkohol atau parfum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *