Penyakit Berbahaya dan Mematikan di Dunia

By | August 14, 2017

Di dunia ini ada beberapa penyakit berbahaya yang patut diwaspadai keberadaannya, hal ini bukan hanya karena penyakit ini mudah menular, akan tetapi penyakit-penyakit ini juga mematikan. Apa saja penyakit-penyakit tersebut? Berikut ulasannya:

Baca juga: Penyakit Berbahaya Bagi Pria

  1. Necrotizing Fascitis

Penyebab penyakit ini adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh kemudian menyerang semua jaringan tubuh yang terinfeksi. Meski di tubuh hanya terdapat luka kecl saja, namun penyebaran bakteri ini akan sangat cepat hingga seluruh jaringan tubuh. Korban yang menderita penyakit ini biasanya akan diamputasi dan tak sedikit pula yang berakhir dengan kematian.

  1. Meningitis

Penyakit ini disebabkan bakteri meningitis, korban yang terinfeksi bakteri ini akan mengalami pusing hebat, penglihatan yang terganggu, muncul semacam memar berwarna ungu, dan bakteri ini biasanya menyerang pembuluh darah serta  membran otak korban dan berbagai organ vital di tubuh seperti ginjal, jantung, hati, dan apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan kematian.

  1. Chagas

Penyakit ini disebakan infeksi parasit serangga yang merusak sistem kardiovaskuler, pembuluh darah jantung, sehingga bisa menyebabkan kematian mendadak.

  1. Selebrovaskular

Penyakit ini memiliki kemiripan dengan penyakit struk, yang mana saluran pembuluh darah ke otak yang diserang penyakit ini sehingga memotong serta menghambat asupan nutrisi dan oksigen ke otak dan ke seluruh tubuh. Apabila tidak segera ditangani maka penyakit ini bisa menyebabkan kematian, dan menurut data yang ada, sudah ada 6 juta orang yang meninggal karena penyakit ini, dan 5 juta orang lainnya mengidap cacat permanen yang disebabkan penyakit selebrovaskular ini.

  1. MRSA

Yang menjadi penyebab timbulnya penyakit ini ialah obat yang menyebabkan kehancuran sel darah putih dan merah serta jaringan paru-pru. Penyakit ini kebal dari antibiotik sehingga akan sangat sulit diobati. Korban yang terinveksi MRSA biasanya akan berakhir dengan kematian.

  1. Ebola

Penyakit berbahaya selanjutnya adalah Ebola, penyakit ini disebabkan virus yang penularannya sangat cepat lewat cairan, baik itu darah, ludah, atau cairan lain dari tubuh korban yang terinveksi. Disinyalir virus ini berasal dari benua Afrika dan mulai menyebar ke seluruh dunia. Virus ebola ini sudah menyebabkan kematian di berbagai belahan dunia. Virus ini memang sangatlah berbahaya, dan membuat warga di negara yang sedang terjangkit endemik ini mengalami kecemasan karena virus ganas ini bisa membunuh korban tertular hanya beberapa jam setelah terkontaminasi. Korban virus ini bukan saja anak-anak, akan tetapi juga orang dewasa. Oleh karena itu, apabila mengetahui adanya endemik virus ini di suatu negara, lebih baik menghindari negara tersebut sebagai tujuan wisata atau perjalanan.

Itulah penyakit berbahaya di dunia ini yang patut diwaspadai. Kematian memang kuasa Tuhan, namun sebagai manusia pun wajib waspada dan berhati-hati terhadap ancaman penyakit dan virus-virus tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *