Penyakit Berbahaya di Dunia

By | July 19, 2017

Di dunia ini ada beragam penyakit mematikan yang apabila tidak segera diobati maka akan menyebabkan kematian pada pasien. Dan berikut ini adalah penyakit berbahaya di dunia yang perlu diwaspadai:

Baca juga: Penyakit Berbahaya Bagi Pria

  1. Malaria

Nyamuk disebut sebaga hewan paling mematikan di dunia, hal ini karena gigitan nyamuk selain bisa menyebabkan Demam Berdarah, juga bisa menyebabkan penyakit Malaria. Nyamuk menyebarkan parasit yang kemudian masuk ke dalam tubuh manusia dan masuk ke dalam hati. Saat parasit cukup dewasa, parasit akan menyebar lewat jaringan darah lalu menginfeksi sel darah merah. Gejala penyakit malaria sendiri tidak langsung terdeteksi, akan tetapi terkadang baru muncul setelah kurun waktu 1 tahun. Setiap tahunnya ada sekitar 300 sampai 500 juta kasus penyakit Malaria di seluruh dunia dan tingkat kematiannya lebih dari 2 juta orang setiap tahun, dan ada sekitar 2800 anak yang meninggal dunia setiap tahunnya karena Malaria.

  1. HIV/AIDS

HIV merupakan virus yang membuat sistem imunitas dalam tubuh menjadi lemah. Dan karena lemahnya sistem imun dalam tubuh, membuat penyakit ringan bisa menjadi sebuah penyakit yang mematikan untuk penderitanya. Setiap tahun ada 1,6 juta orang yang meninggal disebabkan oleh penyakit ini dan diperkirakan ada sekitar 2,3 juta orang yang terjangkit penyakit HIV setiap tahunnya. Hingga kini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit berbahaya ini, dan hingga sekarang sudah ada 35 juta orang meninggal dunia karena virus HIV/AIDS.

  1. Penyakit Jantung Iskemik

Di zaman modern, manusia lebih malas bergerak dan lebih mengandalkan teknologi ketika melakukan sesuatu. Hal ini menyebabkan kondisi tubuh manusia menjadi tidak stabil dan bisa menyebabkan Iskemik atau mengalami kondisi dimana organ tubuh tidak memperoleh aliran darah dan oksigen yang cukup, dan organ tubuh yang seringkali tidak tercukupi alira darah dan oksigen ini adalah jantung sehingga bisa berakibat nyeri pada dada bahkan bisa menyebabkan gagal jantung hingga kematian. Setiap tahunnya ada 7,4 juta orang meninggal dunia disebabkan oleh penyakit ini. Gejala penyakit ini biasanya jantung berdebar, keringat dingin, sesak napas, muntah, dan mual.

  1. COPD

COPD disebut juga dengan PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis dimana sekumpulan penyakit paru-paru menyebabkan hambatan aliran udara saat menarik napas sehingga penderita akan mengalami kesulitan ketika bernapas. Ada 2 jenis PPOk, yaitu bronkitis kronis yang ditandai batuk berkepanjangan dengan dahak, serta ada pula emphysema yang menyebabkan terjadinya pembengkakan serta kerusakan di jaringan paru-paru.

  1. Stroke

Penyakit stroke menyebabkan otak mengalami kekurangan aliran darah sehingga menyebakan pembuluh darah di otak pecah atau tertutup. Meski hanya terhenti beberapa detik saja, hal ini bisa menyebabkan resiko medis tinggi bahkan hingga berujung pada kematian.

Itulah beberapa penyakit berbahaya di dunia yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, untuk mencegahnya harus selalu menjaga kesehatan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi, dan selalu berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *