Penyakit Terbaru yang Harus Diwaspadai

By | July 18, 2017

Menurut WHO (World Health Organization), tahun 2017 merupakan waktu yang paling potensial dalam berkembangnya penyakit karena akses ke seluruh penjuru dunia makin mudah, sehingga penyebaran beberapa penyakit kian meningkat. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit terbaru yang harus diwaspadai oleh warga dunia:

  1. Leishmaniasis

Leishmaniasis adalah penyakit terbaru yang diakibatkan oleh gigitan sejenis lalat pasir yang ukurannya sepertiga lebih kecil dari ukuran lalat biasa. Setelah  digigit, kemudian parasit akan menyebar sehingga menyebabkan infeksi pada luka. Apabila tidak segera diobati, luka tersebut akan menjadi semakin besar dan melebar. Bagi yang suka bepergian, sebaiknya gunakan lotion pelindung kulit agar terhindar dari gigitan lalat pasir ini. Penyakit ini sudah banyak menyebar di Eropa, Irak, Afghanistan, hingga Amerika Serikat.

  1. Rift Valley Fever

Penyakit ini disebabkan oleh serangan virus zoonosis yang disebarkan oleh nyamuk Aedes atau Culex dari hewan ternak. Ketika digigit nyamuk ini, hal pertama yang akan dirasakan penderita adalah demam dan drop, dan apabila tidak segera diatasi akan menyebabkan pasien meninggal dunia.

  1. Virus Oropouche

Virus ini memiliki gejala yang cukup ngeri. Penderita akan kehilangan nafsu makan, muntah, sakit kepala, demam, sampai komplikasi. Penyakit ini juga disebarkan oleh nyamuk Aedes dan Culex. Penderitanya sudah banyak menyebar di negara Brazil, Peru, Trinidad, Panama, sampai Tobago.

  1. Virus Mayaro

Virus Mayaro memiliki julukan sebagai ‘The Next Zika’ yang serangannya ditimbulkan oleh gigitan nyamuk. Untuk menghindari virus ini bisa menggunakan lotion pencegah gigitan serangga serta pakaian yang menutup tubuh.

  1. Elizabethkingia

Bagi yang suka travelling dan berkegiatan di alam, maka harus mewaspadai bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit Elizabethkingia. Bakteri ini muncul di tanah, air tawar, air asin dan sudah mengontaminasi berbagai negara di dunia. Biasanya bakteri ini muncul di tubuh katak serta ikan. Bakteri ini tidak memperlihatkan gejala sakit pada sang penderita akan tetapi selaput pelindung otak serta saraf tulang belakang penderita akan treinfeksi sehingga dapat menyebabkan kematian.

Itulah beberapa penyakit terbaru yang ada di dunia yang harus diwaspadai. Sebaiknya gunakan lotion anti serangga ketika bepergian karena beberapa penyakit disebabkan oleh gigitan nyamuk yang berbahaya. Waspadai pula jika bepergian ke negara-negara atau wilayah-wilayah yang sedang mengalami serangan penyakit-penyakit tersebut. Apabila memungkinkan, hindari dulu bepergian ke negara-negara yang sedang terjangkit dan pilihlah negara tujuan lain yang aman dari virus atau penyakit yang sedang menjangkit. Selain itu, sebaiknya makan-makanan yang bersih dan higienis dan pastikan selalu berolahraga untuk menjaga kebugaran. Apabila merasa tidak enak badan, segera langsung check up ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *