Penyebab, Cara Mencegah dan Obat Diabetes Melitus

By | October 14, 2016

Jika Anda atau salah satu keluarga menderita penyakit diabetes mellitus, sebaiknya jangan didiamkan berlarut-rarut. Segera lakukan penanganan yang tepat agar tidak bertambah parah. Jika tidak segera ditangani bisa membahayakan kondisi kesehatan. Dalam artikel ini kita akan membahas obat diabetes mellitus yang tepat. Simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Diabetes

Sebelum membahas obat diabetes, ada baiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit ini dengan harapan dapat dilakukan pencegahan sejak dini.

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula yang terlalu tinggi.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat terlalu tinggi.
  • Kurang olahraga dan kurang konsumsi air putih.
  • Pola tidur yang tidak baik atau sering begadang.
  • Terlalu banyak merokok, minum minuman yang mengandung alkohol.

Jika sering melakukan aktivitas seperti yang sudah disebutkan tersebut maka berpeluang terkena penyakit diabetes. Selain itu mereka yang merupakan turunan penderita diabetes juga beresiko terkena penyakit ini.

Cara Mencegah Penyakit Diabetes

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab penyakit diabetes, kita jadi mengetahui cara mencegah agar tidak terkena penyakit ini yaitu dengan cara menghindari faktor-faktor yang menjadi penyebab.

Selain itu memperbaiki pola hidup sehat dan makan makanan yang mengandung nutrisi dan vitamin dapat terhindar dari resiko terkena penyakit diabetes. Bahkan untuk mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes bisa terhindar terkena penyakit ini dengan cara melakukan pola hidup sehat.

Baca Juga: Kelebihan Pengobatan Herbal yang Perlu Anda Tahu

Cara Mengobati Penyakit Diabetes

Perlu Anda ketahui ada banyak jenis obat diabetes. Pemilihan obat yang tepat harus disesuaikan dengan jenis atau tipe penyakit diabetes yang diderita. Secara medis, penyakit ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu: diabetes mellitus tipe 1 dan diabetes mellitus 2.

Perbedaan dari tipe diabetes tersebut adalah penyebabnya. Pada diabetes mellitus 1 penyebabnya adalah karena terjadi kerusakan pada pankreas. Pankreas adalah organ tubuh yang berfungsi untuk menghasilkan hormone insulin, karena terjadi kerusakan maka tubuh tidak cukup menghasilkan hormone insulin sehingga kadar gula di dalam tubuh menjadi tinggi.

Sedangkan diabetes mellitus 2 penyebabnya adalah karena terjadi resistensi insulin sehingga insulin tidak bisa mengolah gula yang terdapat didalam tubuh untuk dijadikan tenaga. Sehingga kadar gula di dalam darah tetap tinggi.

Secara menyeluruh ada terapi yang bisa digunakan untuk megobati penyakit ini yaitu dengan melakukan diet yang tepat, olahraga dan dianjurkan mengkonsumsi obat atau suntikan insulin secara teratur.

Selain obat-obatan medis, ada juga obat diabetes dari bahan-bahan alami atau herbal yang terbukti ampuh dapat mengobati penyakit ini. Seperti: brotowali, pare, buncis, buah mengkudu, daun sirsak dan daun sambiloto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *