Penyebab dan Ciri Awal Penyakit Kista yang Harus Anda Ketahui

By | May 31, 2018

Wanita merupakan makhluk yang unik yang Tuhan ciptakan di dunia. Melalui dirinya, proses regenerasi dan perkembangbiakan manusia berjalan dengan normal. Hal ini dikarenakan wanita memiliki organ unik yang tak dimiliki pria yaitu rahim. Rahim merupakan organ dimana sel telur berada dan menjadi tempat calon bayi untuk tumbuh sebelum dilahirkan. Akan tetapi, memiliki rahim juga merupakan hal yang perlu dijaga karena banyaknya penyakit yang berada dan berkembang di dalam rahim salah satunya adalah penyakit kista.

Penyebab dan Ciri Awal Penyakit Kista yang Harus Anda Ketahui

Kista merupakan benjolan pada indung telur yang berisi cairan, nanah, udara dan zat lain yang tidak semestinya ada. Kista sendiri sering disebut sebagai tumor jinak yang tidak mengganggu organ lain disekitarnya. Penanganannya adalah dengan cara operasi untuk mengangkat kista yang ada hingga rahim menjadi bersih kembali. Namun cara operasi bukanlah satu-satunya jalan, karena sekarang ini ada pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengempiskan kista sehingga penderita tak perlu menjalani pembedahan untuk mengangkatnya.

Selain terjadi pada rahim indung telur, kista juga bisa timbul di organ reproduksi wanita lainnya yaitu vulva dan vagina. Penyebab penyakit ini secara empiris belum diketahui secara pasti, namun kebanyakan penyakit kista menyerang wanita secara perlahan terutama wanita berusia 40 tahunan. Faktor genetika juga mempengaruhi tumbuhnya kista di dalam sistem reproduksi wanita sehingga bagi Anda yang memiliki ibu atau nenek dengan riwayat kista sebaiknya membekali diri dengan pengobatan alami untuk mencegah datangnya kista di usia 40 tahunan. Selain mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat, mengkonsumsi buah dan bahan makanan dengan zat antioksidan tinggi serta rajin berolahraga.

Meski kebanyakan penyakit ini tidak menjadi ganas, namun beberapa kasus kista dilaporkan menjadi parah hingga mengancam keselamatan. Kista yang menjadi ganas harus segera ditangani secara serius dengan cara pengobatan maupun operasi. Ada baiknya untuk mengenali ciri dari penyakit ini untuk mendeteksi sedini mungkin kemungkinan adanya bibit kista di dalam sistem reproduksi Anda.

Berikut ini adalah ciri awal penyakit ini yang perlu diketahui oleh para wanita:

  • Nyeri perut di bagian bawah.
  • Nyeri saat haid.
  • Selalu ingin buang air besar dan kecil.
  • Terlihat benjolan di bagian perut yang bisa diraba.

Baca juga Kenali 4 Hal yang Menyebabkan Penyakit Kista Berikut Ini!

Bagi Anda wanita yang mengalami ciri-ciri seperti tersebut di atas, sebaiknya segera memeriksakan diri agar jika terdapat kista di dalam tubuh bisa segera ditangani. Semakin awal penanggulangan penyakit kista akan semakin baik karena pasien tidak merasakan sakit yang berlama-lama. Untuk wanita yang ingin hamil, sebaiknya terlebih dahulu memeriksakan rahim agar terbebas dari kista sehingga proses kehamilan dapat berjalan dengan lancar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *