Penyebab dan Jenis Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

By | June 13, 2018

Berbagai macam penyakit pada organ pencernaan sebagian besar disebabkan karena pula makan yang kurang sehat. Salah satu penyakit yang sering menjadi keluhan adalah penyakit asam lambung. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, dari berbagai jenjang usia. Penyebabnya adalah Les (lower esophageal sphinchter) yang tidak berfungsi dengan baik. Adapun fungsi Les adalah mengatur masuk keluarnya makanan dari lambung. Dengan kata lain, Les akan berfungsi sebagaimana mengatur makanan yang sudah masuk agar tidak keluar lagi menuju esophagus atau kerongkongan. Les yang mengalami kelemahan menyebabkan asam lambung naik kembali ke esophagus yang berakibat ulu hati akan terasa ngilu atau terbakar menyebar ke wilayah dada dan perut.

Penyebab dan Jenis Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Faktor Penyebab Melemahnya LES

Berikut berbagai hal yang menjadi faktor penyebab LES yang melemah, antara lain:

  • Kelebihan berat badan atau obesitas. Penderita obesitas umumnya akan memiliki tekanan lambung yang cukup tinggi, sehingga menyebabkan Les melemah.
  • Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak. Hal ini karena pencernaan lemak membutuhkan waktu lebih lama, sehingga produksi asam lambung juga semakin tinggi. Hal ini berisiko asam lambung akan naik kembali ke esophagus.
  • Pengonsumsian cokelat, kopi, alkohol, serta merokok secara berlebihan.  Faktor ini menyebabkan Les menjadi rileks sehingga meloloskan asam lambung naik ke esophagus.
  • Kehamilan. Perubahan hormone pada orang hamil menyebabkan Les melemah dan peningkatan tekanan pada perut.
  • Menderita penyakit hiatus hernia. Penyakit ini menempatkan lambung naik hingga diafragma yang secara otomatis mengendurkan Les.
  • Pengonsumsian obat-obatan secara berlebihan.

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Telah diuraikan dalam beberapa faktor pemicu lemahnya Les di atas, yang mana salah satunya adalah pengonsumsian makanan yang kurang tepat seperti cokelat dan kopi.  Lalu makanan seperti apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung ini? Berikut beberapa jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi.

  • Oatmeal. Makanan ini kaya akan serat sehingga baik untuk mengatasi masalah kesehatan yang menyerang jantung dan lambung.
  • Jahe. Jahe mengandung anti-inflamasi yang mampu mengatasi masalah pencernaan dan merupakan obat alami untuk penyakit asam lambung. Cara pengonsumsiannya bisa dengan dipotong/diparut untuk kemudian dijadikan minuman hangat.
  • Pisang. Buah ini memiliki kadar keasaman 5.6 sehingga bisa dibilang hampir mendekati normal. Selain pisang, Anda dapat juga mengkonsumsi buah pir, apel, dan melon.
  • Sayuran hijau. Sayuran hijau dipercaya dapat membantu mengatasi asam lambung yang naik. Contohnya adalah brokoli, kembang kol, selada, buncis serta timun.
  • Roti. Disarankan roti yang dikonsumsi adalah roti yang memiliki kandungan gandum atau ragam biji-bijian di dalamnya.

Baca juga: Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

Dengan mengetahui faktor penyebab serta macam makanan yang bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung di atas semoga Anda dapat mengantisipasi terjadinya kenaikan asam lambung, dan mengatasi masalah asam lambung ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *