Penyebab, Gejala, Cara Mencegah dan Obat Herbal Diabetes

By | November 11, 2016

Diabetes atau disebut kencing manis atau penyakit gula darah adalah penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula di dalam darah. Hal tersebut karena terjadi gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Diabetes dapat disembuhkan dengan cara mengatur atau mengontrol kadar gula darah. Salah satu cara menyembuhkannya bisa dengan obat herbal diabetes.

Sebelum kita membahas apa saja obat herbal diabetes dan metode pengobatan lainnya , ada baiknya kita mengetahui terlebih dulu apa yang menjadi penyebab, gejala dan cara mencegahnya.

Penyebab Diabetes

Penyakit diabetes terjadi karena kurangnya insulin di dalam tubuh. Insulin adalah zat yang menghasilkan pankreas yang tugasnya mengolah glukosa (zat gula darah) menjadi energi. Namun, makanan yang dikonsumsi oleh penderita diabetes tidak akan menghasilkan energi, sebab tubuhnya tidak dapat memproses glukosa menjadi energi. Akibatnya terjadi penumpukan glukosa di dalam darah atau disebut dengan istilah hiperglikemia.

Gejala Diabetes

Mengetahui gejala diabetes sangat penting karena kita dapat mengantisipasi dan cepat menanganinya agar diabetes tidak bertambah parah. Berikut adalah gejala penyakit diabetes yang kerap terjadi pada penderitanya.

  • Sering haus
  • Sering buang air kecil
  • Berat badan menurun sangat drastic
  • Mudah lelah
  • Jika luka sulit sembuh
  • Sering kesemutan

Cara Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti:

Baca juga: Cara Membuat Obat Herbal Diabetes Buatan Sendiri

  • Makan makanan sehat, rendah lemak dan kalori.
  • Melakukan olahraga atau aktifitas fisik lainnya.
  • Menjaga berat badan.
  • Pola tidur yang benar
  • Tidak merokok dan minum minuman yang mengandung alkohol

Obat Diabetes

Ada berbagai cara pengobatan yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes, semua tergantung tipe diabetes yang diderita. Penderita diabetes tipe 1 melakukan pengobatan dengan cara menyuntikkan insulin. Hal tersebut karena penderita diabetes tipe 1 tubuhnya sudah tidak bisa menghasilkan insulin sendiri. Selain itu penderita juga harus terus mengontrol dan memeriksakan kadar gula darah agar tetap normal.

Pengobatan lainnya penderita diabetes bisa dengan cara terapi laser darah. Terapi ini biasanya dilakukan setelah penderita melakukan terapi ozon. Metode lainnya pengobatan diabetes adalah dengan menggunakan laser akunpunkur, yaitu metode yang menggunakan teknologi canggih tanpa jarum. Terapi laser pada titik akupunkur ini dipercaya dapat menyembukan diabetes dengan cepat.

Selain itu, pengobatan diabetes juga bisa diobati dengan obat-obat herbal yang menggunakan bahan-bahan alami seperti dari tumbuhan. Obat herbal alami sudah ada sejak jaman nenek moyang dan diturunkan secara turun menurun.

Tanaman yang dapat digunakan sebagai obat herbal diabetes, diantaranya seperti: gingseng, beras ketan hitam, bawang, daun sambiloto, daun salam, kunyit, mengkudu, buncis, pare dan masih banyak tanaman lainnya yang terbukti dapat menyembuhkan diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *