Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

By | June 9, 2018

Seiring dengan bertambahnya usia, aneka penyakit mulai datang dan mudah menyerang. Hal ini disebabkan karena tubuh sudah berkurang daya produksi sekaligus metabolisme yang menyebabkan zat-zat penangkal penyakit menjadi berkurang. Salah satu contoh penyakit yang sering datang di usia senja adalah penyakit asam urat. Asam urat merupakan penyakit dimana kadar purin atau asam urat di dalam darah tinggi sehingga menyebabkan sendiri terasa di tusuk-tusuk jarum yaitu kristal tajam yang terbentuk akibat menumpuknya zat purin pada daerah sendi.

Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mencegahnya

Gejala asam urat mirip dengan gejala reumatik sehingga masyarakat sering salah dalam memperkirakan sakit yang diderita. Jika rematik terjadi akibat tulang yang mengalami peradangan, maka asam urat hanya terjadi pada sendiri yang diakibatkan penumpukan zat purin. Penyebab utama terjadinya penyakit ini adalah konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti:

  • Jeroan.
  • Daging mentah.
  • Alkohol.
  • Makanan laut.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang mengakibatkan seseorang memiliki resiko asam urat lebih tinggi dibandingkan dengan orang lain yaitu:

  • Memiliki kelebihan berat badan.
  • Memiliki kondisi gagal ginjal.
  • Penderita diabetes.
  • Penderita hipertensi.

Untuk penanggulangan penyakit asam urat dilakukan dengan cara mencegah serta mengobati bagi mereka yang sudah terlanjur memiliki riwayat sakit asam urat. Upaya pencegahan dilakukan bagi mereka yang memiliki garis keturunan dengan riwayat asam urat dengan harapan tidak ikut terkena penyakit yang sama. Upaya pencegahan tersebut bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup serta pola konsumsi makanan menjadi lebih sehat serta mengkonsumsi obat herbal pencegah asam urat. Sedangkan untuk pengobatannya, terdapat 2 mekanisme yang diberikan yaitu mengurangi rasa sakit yang sedang terjadi serta menghilangkan penyebab asam urat tersebut.

Untuk obat mengurangi rasa sakit pada sendi, Anda bisa mengkonsumsi obat pereda rasa sakit baik yang berasal dari golongan steroid maupun non steroid. Selain itu untuk mengurangi rasa sakit juga bisa dilakukan dengan cara menempelkan kantung es pada sendi yang sakit. Sedangkan untuk menghilangkan penyebab sakit asam urat, dokter biasanya meresepkan obat untuk menurunkan kadar asal urat yaitu allupurinol. Namun penyakit ini tak akan bisa disembuhkan tanpa penderita mengubah kebiasaan hidupnya terutama masalah konsumsi makanan tinggi purin.

Baca juga Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Untuk terhindar dari penyakit asam urat sedari dini, kurangi konsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti yang dituliskan di atas. Selain itu biasakan berolahraga agar metabolisme tubuh bisa dilakukan dengan maksimal. Jika Anda memiliki riwayat asam urat, sebaiknya juga melengkapi obat dengan obat herbal untuk menurunkan asal urat dan diminum secara rutin saat mulai merasakan gejala sakit persendian terutama di bagian jari tangan dan pergelangan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *