Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Menghindarinya

By | January 15, 2018

Penyakit asam urat dikenal sebagai penyakit orangtua, akan tetapi pada kenyataannya hal tersebut tidak benar. Karena ada jenis penyakit persendian ini yang juga bisa terjadi pada seseorang yang usianya masih muda karena beberapa kemungkinan seperti dari jenis kelamin, dari genetika, dan juga penyebab penyakit ini pada umumnya. Sehingga akan penting untuk mengetahui penyebab penyakit ini sehingga bisa untuk menghindarinya. Beberapa penyebab penyakit yang menyerang sendi ini adalah:

  • Makanan dengan zat purin yang tinggi

Penyebab pertama yang bisa membuat seseorang terkena penyakit ini adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mempunyai zat purin yang tinggi. Seperti misalnya makanan dengan zat tersebut adalah jeroan hewan terutama pada bagian ginjal, hati, dan juga jantung. Selain itu hidangan laut seperti kerang, kepiting, ikan teri, dan juga ikan makarel juga menjadi bahan yang mempunyai purin yang tinggi. Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan kerbau juga merupakan hal yang dapat menyebabkan Anda terkena penyakit ini. Oleh karena itulah untuk menghindarinya adalah dengan melakukan kontrol makanan yang mengandung zat purin ini. Seperti dengan tidak mengkonsumsinya setiap hari sehingga dapat menjaga kesehatan tetap stabil dan menghindari penyakit pada persendian ini.

  • Mengkonsumsi minuman manis

Penyebab selanjutnya dari penyakit asam urat ini adalah karena terlalu sering mengkonsumsi minuman yang manis. Dengan pola hidup modern yang ada banyak sekali makanan dan minuman yang tidak sehat, tentunya banyak masyarakat yang tidak bisa untuk mengontrol makanan dan minuman yang di konsumsinya. Dan banyak makanan dan minuman tersebut mengandung gula baik itu gula buatan ataupun alami. Sehingga apabila mengkonsumsi makanan dan minuman tidak sehat tersebut akan dapat untuk menaikkan resiko penyakit ini karena ada penumpukan pada darah. Selain minuman manis sebaiknya juga Anda harus menghindari minuman beralkohol yang akan juga menjadi penyebab penyakit ini.

Baca juga: Ini Dia Beragam Jenis Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Mengobati Asam Urat

  • Mengkonsumsi obat tertentu

Resiko penyakit ini juga akan lebih tinggi pada Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Dimana ada beberapa obat yang dapat untuk meningkatkan penyakit ini seperti obat niacin, aspirin, ACE inhibitor, beta blocker, sislosporin, obat kemoterapi, dan juga dierutik. Sehingga konsultasikan pada dokter agar tidak salah dalam mengkonsumsi obat tersebut dan tidak menimbulkan penyakit lainnya.

  • Komplikasi penyakit lainnya

Dan penyakit asam urat ini juga akan beresiko tinggi menyerang pada orang yang mempunyai sakit tertentu. Misalnya saja komplikasi pada orang yang mempunyai penyakit ginjal kronik, diabetes, obesitas, hipertensi, kolesterol tinggi, sindrom metabolisme tubuh, dan berbagai penyakit lainnya. Oleh karena itulah bagi seseorang yang mempunyai riwayat penyakit tersebut akan lebih baik untuk memperhatikan pola makan sehingga dapat menghindari penyakit yang satu ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *