Penyebab Penyakit Liver dan Cara Mengatasinya dengan Pengobatan Herbal

By | October 11, 2017

Jika berbicara mengenai kesehatan tentunya sangat kompleks, karena menyangkut organ dalam maupun organ luar setiap manusia. Salah satu organ yang mempunyai peranan penting untuk manusia yaitu hati, fungsinya yaitu sebagai perombak sel-sel darah merah, mengubah betakarotin menjadi sebuah vitamin A. menyimpan glikogen, dan yang paling penting sebagai penetral racun. Manfaat adanya hati tersebut mungkin dapat mengalami kendala atau kerusakan yang mengakibatkan semua prosesnya tidak berjalan dengan baik. Untuk faktornya sendiri beragam dan jika tidak segera untuk dilakukan pengobatan yang baik hal tersebut dapat menyebabkan penyakit liver yang berbahaya.

Baca juga: Ciri-ciri Penyakit Liver

Untuk penyebab sakit liver seperti ini beragam, diantaranya yaitu:

  1. Infeksi yang kritis pada pengidap hepatitis yang berkelanjutan.
  2. Mereka yang sering mengkonsumsi minum-minuman keras dan juga obat berbahaya dapat juga beresiko mengidap liver.
  3. Atau mungkin yang sering menggunakan obat-obat medis yang tidak menggunakan resep dari pihak dokter atau kesehatan secara sembarangan.
  4. Kelainan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.
  5. Pola hidup dan juga makan yang tidak sehat setiap orang.
  6. Bisa juga faktor genetik.

Masih banyak penyebab lainnya yang mengakibatkan sakit liver diidap oleh seseorang, makanya perlu diperhatikan dengan betul untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Bagi Anda yang telah mengidap penyakit berbahaya ini dapat meminimalisir keparahan dengan berbagai macam obat herbal, antara lain:

  • Temulawak.

Tidak sedikit orang mempercayai bahwa penyakit liver dapat diatasi dengan minum ramuan temulawak. Banyak manfaat yang terkandung didalamnya dan tentunya dapat memperkuat sel dalam tubuh sehingga menambah daya tahan tubuh lebih kuat. Mempunyai kandungan curcumin yang mampu mencegah adanya peradangan dan anti hepatoksik untuk menjaga kesehatan hati setiap manusia.

  • Daun sambiloto.

Terdapat kandungan andrographolid membuat daun sambiloto mempunyai rasa pahit yang sangat pekat saat dikonsumsi. Tetapi yang menjadi pokok dasarnya manfaat yang didapat dalam zat tersebut mampu meleburkan inti sel tumor dan juga menjaga daya tahan tubuh lebih baik.

  • Dengan kunyit.

Tidak jarang ibu-ibu rumah tangga sering menggunakan kunyit sebagai bahan pembuat masakan atau pewarna alami makanan. Ternyata kunyit mempunyai fungsi yang baik bagi manusia yaitu dapat mengatasi peradangan dan juga membatasi pembengkakan pada tubuh. Selain itu sakit liver juga dapat disembuhkan dengan sering mengkonsumsi kunyit yang memiliki kandungan kurkimin.

  • Buah Makala.

Banyak sekali manfaat dari buah makala, selain untuk menyembuhkan mereka yang mempunyai sakit liver dapat juga mengatasi penyakit lain misalnya mencegah katarak, memperkuat tulang dan gigi, membersihkan sistem kerja ginjal. Tidak sedikit kandungan vitamin C dan juga anti oksidan tinggi yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Seringnya mengkonsumsi ini dapat meminimalisir penyakit liver yang sering diidap oleh banyak orang di Indonesia baik itu muda maupun mereka yang sudah lanjut usia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *