Penyebab Penyakit Liver Serta Cara Mengobatinya

By | June 1, 2018

Hati merupakan organ manusia yang memiliki fungsi untuk menyaring racun atau sebagai organ detoksifikasi. Selain untuk menyaring racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh, hati juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting yaitu untuk metabolisme lemak, protein, karbohidrat serta hemoglobin sebagai komponen pembentuk sel darah. Pentingnya fungsi hati tersebut di atas, bisa mengalami gangguan jika hati berada dalam kondisi tidak normal atau sakit. Kondisi tersebut sering disebut sebagai penyakit liver yang ditandai dengan adanya bagian sel dari hati yang rusak.

Penyebab Penyakit Liver Serta Cara Mengobatinya

Penyakit hati ditimbulkan oleh banyak sebab yang erat kaitannya dengan kebiasaan hidup manusia. Berikut ini adalah sebab yang sering menjadi pencetus kerusakan sel hati yaitu:

  • Konsumsi alkohol dalam jangka waktu yang cukup lama.

Hati memang difungsikan untuk menyaring racun termasuk alkohol. Namun jika digunakan untuk menyaring secara terus menerus maka kemampuan hati akan mengalami penurunan bahkan mengakibatkan selnya sendiri mengalami kerusakan. Alkohol merupakan sebab utama terjadinya penyakit hati yang diderita manusia.

  • Perlemakan hati.

Perlemakan hati banyak terjadi pada pasien dengan obesitas dimana hati mengandung banyak lemak sehingga tak bisa bekerja dengan maksimal.

  • Hepatitis.

Disebabkan karena infeksi virus serta autoimun, penyakit liver yang disebabkan karena hepatitis ini bisa dicegah menggunakan imunisasi. Ada beberapa jenis hepatitis yaitu A, B, C, D dan E yang diklasifikasikan berdasarkan keparahannya, semakin parah kondisi penyakit hepatitis akan mengakibatkan sirosis hati hingga kanker hati.

  • Akibat penyakit empedu.

Hati sangat berkaitan dengan kelenjar empedu karena memiliki saluran yang menghubungkan keduanya. Gangguan pada kelenjar empedu juga bisa mempengaruhi kerja dan kondisi hati.

  • Kanker hati.

Disebabkan karena sel hati memiliki perkembangan abnormal yang berubah menjadi kangker dengan menularkannya pada sel yang masih sehat.

Hati sendiri sebetulnya dapat meregenerasi selnya sendiri yang mengalami kerusakan, namun jika kerusakan yang terjadi sudah parah dan menyerang lebih dari 50% dari seluruh bagiannya, maka hati memerlukan pengobatan dari luar. Pengobatannya sendiri sangat tergantung dari penyebab dan jenis penyakit hati yang diderita. Untuk penyakit hati ringan dan masih dalam tahap gejala, bisa disembuhkan dengan mengubah kebiasaan terutama kebiasaan mengkonsumsi alkohol. Sedangkan untuk penyakit hati yang lebih parah, memerlukan obat-obatan khusus bahkan pembedahan atau operasi.

Baca juga Tiga Macam Gejala Penyakit Liver Menurut Kedokteran yang Perlu Anda Waspadai

Selain melakukan pengobatan, bagi Anda yang ingin terbebas dari penyakit liver, juga bisa melakukan pencegahan dengan melakukan gaya hidup sehat bebas alkohol. Selain itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak berbagi jarum suntik yang bisa menularkan virus hepatitis, dan menjaga agar selalu memiliki berat badan normal. Konsultasikan kesehatan Anda dan keluarga jika memiliki gejala awal sakit di bagian perut tengah yang merupakan letak hati.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *