Penyebab Penyakit Liver

By | July 3, 2017

Ketika Anda mendengar kata penyakit liver, mungkin pertanyaan pertama yang akan muncul dari benak Anda adalah “Apa sih penyakit liver itu?” Penyakit liver merupakan salah satu penyakit yang tergolong penyakit yang sangat berbahaya. Ternyata Penyebab penyakit liver ada beberapa, pertama penyakit ini disebabkan oleh infeksi kronis pada penderita hepatitis yang sudah berkelanjutan. Kedua, para peminum alkohol dan obat-obatan terlarang juga beresiko tinggi terkena penyakit liver. Selain itu mengkonsumsi obat medis secara sembarangan tanpa adanya resep atau anjuran dokter dapat meningkatkan resiko kerusakan pada organ hati. Penyakit liver atau hati ini juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B atau penyakit hepatitis non A dan penyakit hepatitis non B yang kesemuanya ini disebabkan oleh virus. Selain itu penyebab lain munculnya penyakit liver atau hati ini adalah berasal dari pola mengkonsumsi makanan yang salah serta zat-zat kimia yang terkandung dalam obat yang biasa kita minum seperti parasetamol, antibiotik, arsenal serta obat-obatan yang masyarakat konsumsi dalam bentuk fastfood.

Baca juga: Jenis-Jenis Obat Herbal Tradisional dan Manfaatnya

Penyebab di atas jika tidak memperoleh pengobatan akan menimbulkan gejala yang disebut sirosis hati. Sel-sel hati akan mengalami peradangan bahkan kematian sel akibat dari penyebab di atas. Jika fungsi hati sudah mulai menurun maka berbagai macam aktivitas yang bergantung pada organ hati akan terganggu. Pengobatan medis yang dilakukan untuk pasien pada tahap awal umumnya adalah mengatasi penyebabnya.

Lalu, bagaimanakah gejala awal dari penyakit liver ini?

Adapun gejala-gejala umum yang sering ditimbulkan dari penyakit liver ini antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Terjadi perubahan pada perut di mana perut berubah menjadi lebih buncit. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan di tulang rusuk bagian kanan bawah.
  2. Terjadi perubahan warna kulit serta mata di mana berubah warna menjadi agak kekuning-kuningan. Inilah yang biasa disebut oleh masyarakat sengan penyakit kuning.
  3. Air seni berubah warna menjadi kuning gelap.
  4. Terjadi perubahan pada bentuk kuku di mana menjadi lebih melengkung serta mengalami keputihan.
  5. Berat badan menurun karen kurangnya nafsu makan.
  6. Sering mimisan.
  7. Tubuh akan mudah memar dikarenakan kekurangan zat protein.
  8. Sering buang air kecil.
  9. Mudah merasa dahaga.
  10. Bau mulut serta bau badan tidak sedap.
  11. Anemia.

Untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya anda hindari rokok, minuman beralkohol dan mengkonsumsi obat-obatan sembarangan agar terhindar dari berbagai gangguan hati akibat toksin atau racun yang berasal dari bahan kimia. Selanjutnya anda juga tidak boleh sembarangan jajan di pinggir jalan karena virus hepatitis bisa menjangkit anda yang mungkin sedang berdaya tahan tubuh lemah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *