Penyebab Penyakit Rematik di Usia Muda yang Baiknya Diperhatikan

By | January 8, 2018

Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian otot dimana ditandai dengan rasa sakit dan juga nyeri seperti yang dikenal dengan nyeri otot. Biasanya penyakit ini memang akan menyerang sendi dan juga bagian otot yang akan menyebabkan pembengkakan sehingga penderitanya mengalami rasa nyeri dan sakit. Jenis penyakit ini banyak yang menganggapnya sebagai penyakit yang akan menyerang orang yang berusia lanjut seperti asam urat. Padahal hal tersebut tidak benar karena ada juga anak muda yang dapat mengalami dan menderita penyakit ini. Dimana jenis tersebut adalah reumatoid artritis yang akan menyerang tidak hanya orang tua saja tetapi juga bisa dialami oleh orang usia 20-40 tahunan.

Biasanya rasa sakit karena jenis penyakit ini akan dirasakan pada pagi hari saat bangun tidur. Dimana gejalanya adalah merasakan rasa panas dan juga merah pada bagian kulit terutama sendinya. Dan hal tersebut akan membuat sendi menjadi membengkak dan juga kaku sehingga tentu saja akan dapat menghalangi aktivitas sehari-hari. Biasanya penyakit ini reumatoid artritis yang menyerang usia produktif ini akan menyerang bagian kaki, jari tangan, lutut, dan juga sisi tubuh baik itu pergelangan kaki dan tangan. Dan biasanya jenis penyakit ini dikarenakan beberapa hal, seperti:

Baca juga: Punya Rematik? Rawat Penyakit Anda dengan 4 Tips Ini!

  • Jenis kelamin

Penyebab penyakit rematik yang bisa menyerang usia muda ini adalah karena jenis kelamin. Jenis penyakit ini akan lebih menyerang wanita dibandingkan pria karena wanita mempunyai hormon estrogen sehingga ada kalanya imunnya sedang tidak baik. hal tersebut dapat menyebabkan imun tidak mengenali jaringan tubuh sendiri sehingga bisa untuk terjadi kesalahpahaman dan menyerang diri sendiri.

  • Genetika

Penyebab selanjutnya adalah karena genetika atau faktor keturunan. Banyak penyakit memang bisa didapatkan karena genetika karena mempunyai satu darah sehingga menularkan atau mempunyai resiko yang tinggi terkena penyakit tertentu. Hal ini juga sama dengan penyakit ini yang dapat disebabkan oleh faktor genetika. Biasanya apabila ada anggota keluarga yang mempunyai reumatoid artritis ini maka kemungkinan besar terutama wanita dalam keluarga tersebut juga akan dapat terkena penyakit tersebut di usia muda.

  • Obesitas

Dan faktor lainnya dari penyakit rematik jenis ini adalah orang yang mempunyai atau mengidap obesitas. Orang yang mempunyai berat badan berlebih cenderung terkena masalah di bagian sendinya. Hal tersebut karena penyakit ini memang menyerang sendi dan untuk orang yang mempunyai berat badan berlebih sendinya bekerja lebih keras untuk menopang berat badannya. Sehingga tekanan yang besar tersebut dan secara terus menerus akan juga membuat sendinya mengalami masalah. Oleh karena itulah untuk seseorang yang mengidap obesitas bisa berusaha untuk menurunkan berat badannya karena juga akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan bisa mencegah beberapa penyakit tertentu seperti penyakit reumatoid artritis ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *