Penyebab Rematik di Usia Muda dan Cara Pengobatannya

By | April 12, 2018

Penyakit merupakan hal yang sangat dihindari oleh banyak orang. Penyakit yang timbul pada tubuh bisa dikarenakan karena gaya hidup yang tidak sehat serta sistem kekebalan tubuh yang lemah. Umumnya penyakit lebih banyak menyerang di kala usia sudah mulai bertambah, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang muda juga terserang penyakit. Seperti contohnya saja penyakit rematik. Penyakit yang akan menimbulkan rasa nyeri dan linu pada persendian ini biasanya dialami oleh orang tua, namun saat ini ada juga orang muda yang terkena penyakit yang satu ini.

Penyebab Rematik di Usia Muda dan Cara Pengobatannya

Penyakit yang menyerang persendian ini sering dianggap remeh sehingga sering mengabaikan penyakit ini dan tidak melakukan pengobatan yang serius. Dan perlu Anda ketahui penyakit yang satu ini bila tidak diwaspadai dan ditangani dengan pengobatan yang serius bisa menyebabkan kecacatan permanen terutama pada bagian tubuh atau sendi yang terserang. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa gejalanya sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Umumnya penyakit sendi ini disebabkan oleh masalah autoimmune, yaitu sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang jaringan persendian. Kondisi ini menyebabkan tulang rawan menjadi tipis dan terbentuknya tulang baru. Pertumbuhan tukang baru inilah yang akan menyebabkan penderitanya merasa linu pada sendi sehingga sangat sulit untuk digerakkan. Kebiasaan buruk seperti bekerja di tempat yang lembab, tetap memakai pakaian yang basah karena kehujanan atau berkeringat juga bisa menyebabkan penyakit yang satu ini. Selain itu obesitas atau kekurangan kalsium di usia muda juga bisa memicu.

Gejala rematik yang terjadi pada orang tua dengan orang muda cukup berbeda, meskipun sama-sama menyerang persendian. Pada orang tua nyeri sendi yang timbul bisa terjadi setelah aktivitas, perubahan cuaca dari panas ke dingin, peradangan, hingga hilangnya fleksibilitas sendi. Untuk penampakannya terlihat dari sendi yang berwarna kemerahan dan terasa panas. Untuk gejala pada orang muda berbeda lagi, yaitu sendi terasa kaku di pagi hari, bengkak tanpa sebab pada sendi, dan bergerak terbatas.

Untuk mengobati penyakit sendi yang satu ini Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Baca juga Mencegah Penyakit Rematik di Usia Muda dengan Cara Alami

  1. Menghindari beberapa makanan dan minuman yang akan memperparah gejala yang timbul, seperti jeroan, kangkung, dan minuman yang beralkohol.
  2. Mengatur pola makan agar tubuh senantiasa sehat. Konsumsi makanan yang berprotein tinggi yang didapatkan dari berbagai jenis ikan serta menghindari makanan yang berlemak dari sumber-sumber makanan hewani.
  3. Menyeimbangkan antara aktivitas fisik dengan asupan makanan yang sehat dan mengkonsumsi gula secukupnya.
  4. Terakhir Anda bisa mengkonsumsi obat rematik alami yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak akan menimbulkan efek samping jika harus dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Obat anti inflamasi non steroid memang bisa dikonsumsi untuk meringankan gejala sakit pada sendi, namun sangat dikhawatirkan menimbulkan efek samping pada kesehatan ginjal dan lambung jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *