Perawatan Kecantikan Yang Salah Untuk Wajah Berminyak

By | February 20, 2017

Perawatan setiap jenis kulit wajah berbeda dengan perawatan yang dilakukan pada jenis kulit lainnya. Selain mengetahui tips perawatan kecantikan yang tepat, penting juga mengetahui kesalahan yang bisa dilakukan saat perawatan. Dengan mengetahui kesalahan apa saja dalam perawatan kulit bisa mencegah kita untuk melakukannya.

Karakteristik Kulit Berminyak

Ciri-ciri kulit wajah yang berminyak adalah memiliki pori pori pada permukaan kulit yang besar dan produksi minyaknya berlebihan. Itu sebabnya orang yang memiliki jenis kulit berminyak wajahnya tampak mengkilat. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah yang biasanya muncul pada kulit berminyak, misalnya masalah jerawat, make up yang mudah luntur dsb.

Kesalahan Perawatan Kulit Berminyak

Namun, apakah kamu menyadari cara mengatasi masalah yang dilakukan bisa malah menjadi kesalahan dalam perawatan kecantikan kulit? Nah, untuk menghindari kesalahan sebaiknya baca penjelasannya berikut ini:

  • Tidak Menggunakan Moisturzer

Kesalahan yang umumnya dilakukan oleh pemilik wajah berminyaka dalah tidak menggunakan moisturizer atau pelembab karena takut wajahnya lebih berminyak. Padahal pelembab memberikan manfaat nutrisi untuk kulit wajah. Selain itu, pelembab bisa menyeimbangkan kelembaban wajah.

  • Menggosok Kulit Berlebihan Menggunakan Scrub

Membersihkan wajah menggunakan scrub yang terlalu keras bisa menyebabkan kulit wajah iritasi. Kesalahan ini biasanya dilakukan tanpa sadar karena biasanya dilakukan untuk membersihkan minyak di kulit. Sebaiknya lakukan perawatan wajah dengan scrub hanya 1 – 3 kali seminggu, jangan setiap hari. Gunakan scrub yang teksturnya halus. Hindari menggunakan gerakan menggosok, Anda bisa lakukan dengan cara memijatnya dengan lembut dan perlahan, lalu bilas menggunakan air hangat.

Baca juga: Tips Memilih Cream Wajah yang Aman

  • Tidak Mejaga Kelembaban Kulit

Bagi pemilik kulit berminyak penting sekali untuk menjaga kelembaban kulit. Mengapa? Karena jika kulit kering justru malah membuat produksi minyak bertamabah. Walaupun kulit berminyak tetap membutuhkan pelembab agar permukaan kulit tidak terkena dehidrasi. Namun pastikan jenis pelembab yang digunakan khusus untuk jenis kulit berminyak. Selain itu gunakan seperlunya, jangan berlebihan.

  • Memencet Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang sering muncul pada kulit berminyak. Kulit wajah berminyak lebih sensitif dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Hindari memengang atau memencet jerawat apalagi jika tangan kotor. Hal ini malah bisa menyebabkan jerawat menyebar ke area kulit wajah yang lain dan semakin banyak. Untuk mengempeskan jerawat sebaiknya gunakan lotion wajah atau obat khusus jerawat atas rekomendasi dari dokter.

  • Salah Menggunakan Pembersih Kulit

Kesalahan perawatan kecantikan berikutnya adalah menggunakan pembersih yang malah membuat kulit kering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *