Perawatan Tubuh Agar Kulit Sehat Dan Berkilau

By | November 16, 2016

Kulit sebagai organ terbesar manusia tentu memerlukan perawatan. Perawatan tubuh dengan mandi saja tidak cukup, Anda juga harus melindungi dan menutrisi kulit. Berikut adalah perawatan tubuh agar kulit sehat dan berkilau.

  1. Dry brush. Metode dry brushing adalah menyikat tubuh dalam keadaan kering dengan sikat yang terbuat dari bulu sikat alami. Dry brushing berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit mati, membantu mempercepat dan memperlancar sistem limfa, mengencangkan kulit dan bila dilakukan dengan rutin dapat membantu menghilangkan selulit. Untuk melakukannya, mulai menyikat dengan gerakan memutar di daerah dada atas lalu gosok mulai dari bagian telapak kaki, bagian kaki depan, paha depan sampai pingang dengan gerakan menyikat ke atas (ke arah jantung), lalu lanjutkan ke bagian kaki yang satu lagi. Kemudian sikat pelan bagian perut dan dada bawah dengan gerakan memutar. Lanjutkan ke bagian betis, paha belakang sampai bokong  dengan gerakan menyikat ke atas. Lalu sikat bagian punggung dengan arah menyikat yang sama. Lalu sikat semua bagian tangan dari mulai telapak tangan, lengan sampai ketiak. Lakukan setiap sebelum mandi.
  2. Pelembab. Sangat penting untuk memberi pelembab pada kulit terutama setelah mandi karena kandungan sabun dapat mengurangi kelembaban alami kulit. Gunakan krim pelembab dengan kandungan yang lembut minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan tubuh untuk melembutkan kulit di malam hari.
  3. Lindungi kulit. Sinar ultra violet dari matahari dapat meningkatkan resiko kanker kulit, ditambah polusi yang semakin banyak juga dapat mengurangi kecantikan kulit Anda. gunakan sunblock dengan perlindungan dari UVA dan UVB setiap Anda akan keluar ruangan. Jaket, payung dan topi juga dapat digunakan sebagai pelindung kulit.
  4. Minum air mineral. Minum merupakan kebutuhan manusia, tetapi sering kali asupan air mineral sehari-hari tidak cukup memenuhi standar yang dibutuhkan tubuh agar kulit tetap terhidrasi. Minum air mineral minimal 8 gelas sehari atau sekitar 2 liter. Saat bangun tidur, minum air mineral 1-2 gelas dalam keadaan perut kosong. Biasakan membawa botol minum besar kemanapun Anda pergi sehingga Anda akan selalu ingat untuk minum air mineral sesuai dengan yang dibutuhkan. Dengan cukup minum, tubuh Anda akan terdetoksifikasi dan racun-racun tubuh akan keluar. Kulit menjadi sehat dan senantiasa lembab.
  5. Kurangi asupan gula. Gula dapat membuat kulit kering sehingga kulit terlihat kusam. Juga dapat mengakibatkan mata berkantung dan kulit terlihat bengkak. Beralihlah pada minuman manis alami seperti buah-buahan.

Lakukan semua perawatan tubuh tersebut setiap hari. Anda akan melihat perubahan yang lebih baik pada keesehatan tubuh dan kulit Anda. lakukan juga olahraga rutin karena dengan berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka dan racun akan keluar bersama keringat. Kulit akan menjadi lebih halus dan lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *