Perawatan Wajah Untuk Kulit Berminyak Agar Terhindar Dari Jerawat

By | August 8, 2016

Merawat kulit wajah dilakukan agar wajah senantiasa bersih, sehat dan bercahaya. Ada banyak cara maupun bentuk perawatan. Perawatan kulit yang tepat adalah yang sesuai dengan jenis kulit. Ada jenis kulit sensitif, kulit kering, berminyak hingga kombinasi. Nah, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak di artikel ini kami akan memberikan tips mengatasi kulit wajah yang berminyak agar terhidar dari jerawat.

Masalah Kulit Berminyak

Masalah yang umumnya dialami oleh kulit berminyak adalah timbulnya jerawat hal ini disebabkan karena debu dan kotoran lebih mudah menempel. Cara sederhana perawatannya adalah menjaga kebersihan kulit, menggunakan masker dengan bahan alami. Berikut penjelasannya:

Tips Perawatan Wajah dengan Jenis Kulit Berminyak

  • Menjaga kebersihan kulit wajah

Selain menjaga kebersihan kulit badan, penting juga memperhatikan kebersihan wajah, karena debu, kotoran, sisa-sisa makeup bisa menyumbat pori-pori. Akibatnya kotoran menumpuk dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat yang timbul membuat wajah terlihat kotor, memberi kesan kurang bersih dan membuat rasa percaya diri menurun. Hal yang harus diperhatikan agar jerawat tidak timbul adalah menjaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkan secara rutin, minimal 3 kali sehari. 2 kali saat sedang mandi dan 1 kali menjelang tidur. Saat tidur kulit melakukan proses regenerasi, jika masih ada kotoran yang menyumbat bisa membuat kerja sel kulit terganggu.

  • Hindari kosmetik berat

Kosmetik berat di sini adlaah kosmetik padat dan digunakan hingga berlapis-lapis. Untuk kulit berminyak sebaiknya hindari kosmetik yang bentuknya compact atau padat karena kosmetik jenis itu lebih cepat menyumbat pori-pori.

  • Perawatan menggunakan masker

Banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan bahan masker untuk perawatan kulit wajah. Namun tidak semua bahan cocok digunakan untuk kulit berminyak. Bahan alami yang kami rekomendasikan adalah masker madu, jeruk nipis atau melon. Berikut penjelasannya:

  • Masker, campuran madu dan melon

Madu dan melon memiliki kandungan yang baik, memberikan nutrisi kulit wajah tanpa membuat kulit kering sekaligus bisa menyembuhkan kulit yang berjerawat. Cara membuatnya sangat mudah, pertama-tama sebelum menggunakan masker bersihkan wajah terlebih dahulu.

Siapkan madu dan melon. Peras melon dan ambil airnya. Lalu campurkan perasan air lemon dengan madu, campur hingga rata. Kemudian oleskan madu secara merata, diamkan 10 – 15 menit. Setelah selesai bilas dengan air bersih.

  • Masker jeruk nipis

Selain campuran madu dan melon, masker yang cocok untuk kulit berminyak adalah jeruk nipis. Khasiatnya terdapat pada kandungan asam dan zat astringent aktif yang dapat menyerap minyak di kulit wajah. Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses regenerasi sel kulit.

Cara perawatan kulit membuat masker jeruk nipis sangat mudah yaitu potong jeruk menjadi dua bagian, lalu peras. Oles perasan jeruk ke kulit wajah secara merata, bisa dibantu dengan kapas. Diamkan 10 -15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *