Perawatan Wajah Untuk Semua Jenis Kulit Dengan Masker Alami

By | November 3, 2016

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang sehat, bersih mulus dan cerah. Banyak produk-produk perawatan wajah dengan berbagai fungsi. Tetapi bagi Anda yang ingin menggunakan produk alami yang aman dan bebas dari bahan kimia buatan, perawatan wajah untuk semua jenis kulit dengan masker alami ini dapat menjadi pilihan.

Untuk kulit kering

  1. Masker wortel dan minyak kelapa.

Untuk membuat masker ini, Anda memerlukan 1 buah wortel, air secukupnya, dan 1 sendok makan minyak kelapa organik. Cuci bersih lalu potong-potong wortel kemudian rebus sekitar 10 menit. Tiriskan dan giling dengan food processor atau blender. Campurkan dengan minyak kelapa sampai menjadi pure. Cuci wajah Anda dengan sabun lalu aplikasikan masker dan tunggu 15-20 menit. Bersihkan dengan air hangat dan gunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa residu masker.

Masker wortel baik untuk kulit karena mengandung antiseptic alami, beta-karoten dan zat besi yang berguna untuk menyeimbangkan tingkat ph kulit dan membersihkan kulit. Wortel juga berfungsi untuk mengurangi kemerahan pada kulit dan melembabkan kulit. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab, dan mengurangi breakout pada kulit wajah.

  1. Masker madu dan baking soda.

Madu dan baking soda selain untuk masker juga untuk scrub wajah. Untuk membuatnya Anda memerlukan 1 sendok teh madu murni dan setengah sendok teh baking soda. Dengan keadaan wajah dan tangan bersih, campurkan masker dengan tangan dan gosok sebentar dengan tangan untuk menghangatkan madu kemudian oleskan pada wajah dan pijat pelan dengan gerakkan memutar selama 10 menit. Setelah itu diamkan 5-10 menit. Cuci bersih wajah dengan air hangat.

Madu mengandung anti bakteri alami dan dapat melembabkan kulit. Baking soda berfungsi untuk mengeksfoliasi wajah untuk menghilangkan kulit mati tanpa menyebabkan iritasi yang berlebihan.

Untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat

Baca juga: PERAWATAN WAJAH MALAM HARI

  1. Masker kulit pisang.

Mungkin terdengar aneh, tapi percaya atau tidak kulit pisang berfungsi untuk perawatan kulit karena mengandung potassium dan antioksidan jenis lutein. Untuk menggunakannya Anda cukup mengusapkan potongan kulit pisang ke bagian wajah yang berjerawat sampai bagian dalam kulit pisang menjadi kecokelatan. Diamkan sekitar 30 menit dan bilas dengan air hangat. Anda dapat melakukan merawatan ini sesering mungkin sampai jerawat sembuh. Masker ini juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat jika diaplikasikan secara teratur. Kuit pisang juga dapat memutihkan gigi dengan cara digosokkan ke gigi lalu diamkan sekitar 5 menit dan sikat gigi Anda seperti biasa.

  1. Masker kunyit, susu dan kayu manis

Kunyit terkenal akan manfaatnya yang luar biasa baik untuk dikonsumsi maupun diaplikasikan pada kulit seperti mendetoksifikasi kulit, mencerahkan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Kayu manis berfungsi untuk mengempiskan jerawat sehingga tidak akan meninggalkan bekas jerawat di wajah. Cara membuatnya sangat mudah, cukup campurkan kunyit bubuk sebanyak 1 sendok teh dengan susu cair atau susu bubuk yang telah dilarutkan. Susu selain berfungsi untuk melembutkan dan mencerahkan kulit, juga berfungsi sebagai pelarut warna kuning kunyit sehingga tidak akan meninggalkan warna kuning diwajah Anda. Yogurt dapat digunakan sebagai pengganti susu. Setelah itu campurkan seperempat atau setengah sendok teh kayu manis bubuk. Jangan terlalu banyak mencampur kayu manis karena kayu manis bersifat panas dan dapat membuat kulit wajah Anda kemerahan dan iritasi bila digunakan berlebihan. Setelah semua tercampur, diamkan sebentar agar masker mengental. Lalu oleskan pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan sekitar 15 menit. Masker ini juga dapat menjadi peeling sebagai bagian dari langkah perawatan wajah. Anda cukup mendiamkan masker sampai agak kering kemudian gosok masker sampai luruh semua. Jangan gosok pada bagian wajah yang masih berjerawat aktif.

Bagi Anda yang memilliki jenis kulit normal, Anda juga dapat menggunakan masker-masker tersebut untuk perawatan wajah agar kulit Anda semakin cerah, halus dan berkilau dengan pemakaian rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *