Perkembangan Medis Dalam Dunia Kedokteran Gigi

By | July 6, 2017

Perkembangan Medis Dalam Dunia Kedokteran Gigi – Apa yang biasanya jadi alasan untuk Anda datang ke dokter gigi? Apakah karena sakit gigi? Atau masalah gigi lain? Atau hanya sekedar check-up? Zaman sekarang perkembangan medis khususnya dalam teknologi di berbagai bidang sedang maju dengan sangat pesat, tak ketinggalan juga di bidang perawatan gigi dan mulut.

Yuk, simak 5 teknologi baru perkembangan medis untuk perawatan gigi dan mulut berikut ini.

  • High-tech X-ray

Bagi Anda yang membayangkan X-ray atau rontgen adalah model tulang di atas lembaran hitam putih, sekarang bayangkan model gigi Anda yang berada di atas lembaran tersebut. Banyak dokter gigi yang sudah mulai memakai X-ray digital untuk menggantikan penggunaan radiografi tradisional. X-ray digital lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan radiografi tradisional.

X-ray digital dapat digunakan untuk mencari apakah ada gigi yang berlubang, selain itu, X-ray digital ini dapat melihat kekuatan tulang di bawah gigi yang menyokong gigi. Para dokter gigi juga bisa menggunakan teknologi ini untuk melihat tempat peletakkan implan. Implan gigi adalah memasukkan gigi artifisial ke dalam implant (yang terbuat dari titanium) yang diletakkan di rahang. X-ray digital juga dapat digunakan untuk membantu dokter gigi ahli saluran akar gigi untuk melihat apakah si dokter gigi ini sudah membersihkan saluran tersebut secara bersih seluruhnya selama prosedur berlangsung.

  • Laser untuk mendeteksi gigi berlubang

Biasanya, dokter gigi menggunakan alat yang disebut “explorer” untuk melihat apakah ada gigi berlubang di gigi pasien. Alat tersebut digunakan dengan cara diletakkan secara bergantian di gigi Anda selama check up. Bila alat tersebut menyangkut di salah satu gigi Anda, dokter gigi akan melihat lebih teliti dibagian gigi tersebut untuk melihat apakah ada tanda-tanda gigi berlubang. Saat ini, banyak dokter gigi yang meninggalkan alat “explorer” ini dan beralih ke diode laser, teknologi canggih yang dapat mendeteksi dan menghilangkan gigi berlubang.  Laser ini dapat digunakan untuk melihat apakah ada kerusakan di gigi Anda. Setelah itu, dokter gigi dapat memilih, apakah si dokter gigi akan mengontrol gigi tersebut, atau membandingkan level kerusakan gigi tersebut dengan pemeriksaan-pemeriksaan berikutnya, atau menganjurkan untuk menambal gigi berlubang tersebut.

  • Teknologi computer-assisted design (CAD)/computer-assisted manufacture (CAM)

Alat ini berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan dan pemasangan gigi palsu. Biasanya, kalau pasien butuh gigi palsu, maka dokter gigi harus membuat cetakan gigi Anda lalu memberikan gigi palsu sementara. Setelah menunggu beberapa waktu, baru Anda dapat mendapatkan gigi palsu yang permanen. Dengan teknologi CAD/CAM ini, gigi Anda dapat diberi lubang untuk memberi tempat untuk gigi palsu dan langsung difoto oleh komputer. Gambar yang diambil tersebut lalu dipindai oleh mesin yang langsung membuat gigi palsu saat itu juga. Jadi, Anda dapat menghemat waktu untuk memasang gigi palsu tanpa perlu bolak-balik beberapa kali ke dokter gigi.

  • Perawatan untuk gigi patah

Kalau gigi Anda patah, saat ini teknologi dapat membuat gigi Anda diperbaiki dengan tetap terlihat natural dibanding dengan teknologi-teknologi sebelumnya. Saat ini, bagian gigi yang patah akan dilapis dengan resin, yang terlihat lebih berkilau dan lebih tahan lama dibanding dengan bahan yang digunakan untuk perbaikan gigi patah sebelumnya. Biasanya, dokter gigi akan melapiskan resin di gigi yang patah untuk merekatkan dan memperbaiki gigi yang patah. Karena warna resin memiliki range yang cukup banyak, resin ini dapat menyatu dan terlihat mirip dengan warna asli gigi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *