Perkembangan Medis dari Masa ke Masa

By | July 25, 2017

Tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan zaman membuat terjadinya perkembangan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang medis. Dan berikut ini adalah perkembangan medis dari masa ke masa.

  1. Abad ke-16

Pada abad ke-16 ini Leonardo Da Vinci membedah tubuh manusia kemudian menggambar apa yang dilihatnya dengan jelas dan akurat. Kemudian pembedahan lebih lanjut dilakukan oleh Andreas Vesalius dan di tahun 1543 mempublikasikan buku berjudul The Fabric of the Human Body yang berisikan diagram akurat tubuh manusia yang ia tulis berdasarkan anatomi tubuh manusia yang ditelitinya.

  1. Abad ke-17

Pada abad ini ditemukan termometer medis oleh seorang warga negara Italia bernama Santorio. Pada tahun 1665 ditemukan mikroskop oleh Robert Hooke yang kemudian dideskripsikannya ke dalam buku dengan judul Micrographia.

  1. Abad ke-18

Tahun 1753 seorang dokter Skotlandia bernama James Lind menemukan bahwa jus lemon atau buah segar dapat mencegah menurunnya sistem imun. Kemudian pada tahun 1792, Dominique-Jean Larrey menciptakan ambulance untuk pertama kalinya untuk membantu pria yang sedang terluka.

  1. Abad ke-19

Stetoskop ditemukan pertama kali oleh Rene Laennec pada tahun 1816. Kemudian di tahun 1865 ditemukan antiseptik oleh Joseph Lister sehingga dokter dapat melakukan operasi bedah dengan kategori yang lebih sulit. Pada tahun 1882-1885 diciptakan vaksin rabies lewat tulang belakang kering seeor kelinci yang mengalami infeksi dan kemudian di tahun 1885, seorang laki-laki yang digigit seekor anjing gila mendapatkan vaksinasi. Pada tahun 1895, Wilhelm Roentgen menmukan X-Rays.

  1. Abad ke-20

Pada tahun 1910 ditemukan Salvarsan yang digunakan untuk pengobatan sifilis. Kemudian pada tahun 1914 dilakukan transfusi darah untuk pertama kalinya. Pada tahun 1922 insulin digunaan pertama kali untuk terapi pasien. Pada abad ini pula, Alexander Fleming menemukan penicilin untuk pertama kalinya. Tahun 1953, vaksin poliomyelitis dikembangkan oleh Dr. Jonas Salk dan di tahun 1958 alat implan diberikan ke pasien untuk pertama kalinya. Pada tahun 1963 transplantasi ginjal dilakukan untuk pertama kalinya dan di tahun ini pula vaksin campak ditemukan. Pada tahun 1964, laser digunakan pertama kalinya untuk operasi mata. Kemudian pada tahun 1967 transplantasi jantung dilakukan untuk pertama kalinya oleh Christian Barnard. Di tahun 1975 juga dikeluarkan CAT (Computerised Axial Scanning). Perkembangan medis yang menggemparkan juga terjadi di abad ini ketika bayi tabung lahir pertama kali di tahun 1978. Di tahun 1982 berhasil dilakukan operasi pemasangan jantung buatan di tubuh manusia. Dan di tahun 1987 dilakukan transplantasi paru dan jantung untuk pertama kali.

  1. Abad Ke-21

Di tahun 2005 dilakukan transplantasi wajah untuk pertama kalinya. Tahun 2011 berhasil dilakukan transplantasi kaki, dan di tahun 2012 berhasil dilakukan transplantasi rahim pertama.

Itulah perkembangan medis dari masa ke masa yang tentunya terlihat bahwa dunia medis telah berkembang pesat, dan tak dapat dipungkiri juga penemuan di masa lalu juga mendukung adanya penemuan-penemuan baru di dunia medis pada masa ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *