Perkembangan Medis di Indonesia dalam Hal Rekam Medis

By | September 19, 2017

Pengobatan di Indonesia semakin lama sudah semakin berkembang dan bergerak maju ke arah modern. Hal ini bisa terlihat dari kualitas pengobatan yang semakin maju dengan alat berteknologi tinggi untuk bisa menyembuhkan pasien yang menderita suatu penyakit. Perkembangan medis ini ternyata bukan terjadi begitu saja, namun pasti ada asal mulanya dengan sejarah yang begitu panjang. Termasuk juga dalam hal rekam medis.

Pada dasarnya dunia rekam medis telah berkembang sejak 250.000 SM atau sejak zaman batu dimana didasari dari bukti pahatan terkait cara pengobatan pada dinding dengan tulisan yang terukir dengan cukup jelas. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan tahapan zaman ke zaman mulai dari zaman Mesir kuno, Yunani kuno, Romawi, Byzantium, Yahudi dan seterusnya hingga lahirlah sebutan rekam medis bersama dengan perkembangan kelahiran ilmu dalam dunia kedokteran. Pada dasarnya rekam medis sendiri perkembangan mengikuti berkembangnya zaman dan tumbuh dalam kondisi akan pentingnya suatu dokumentasi pasien sehingga bisa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pengobatan lanjutan, hukum, pendidikan dan lainnya.

Perkembangan medis dalam hal rekam medis ini memang mengalami sejarah yang cukup panjang hingga mencapai masa seperti saat ini. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri adanya rekam medis ini sudah ada sejak zaman sebelum kemerdekaan meski pelaksanaan hingga penataan masih belum memiliki prosedur yang tepat dan tergantung dari kebijakan masing-masing rumah sakit semata. Namun dengan berkembangnya zaman, rekam medis ini kemudian diberikan aturan dan tata kelola sejak adanya peraturan pemerintah yang mengaturnya.

Pada Peraturan Pemerintah dengan No 10 tahun 1960, di dalamnya mengatur jika seluruh petugas kesehatan wajib untuk menyimpan rahasia kedokteran yang termasuk di dalamnya adalah rekam medis. Selanjutnya ada juga Surat Keputusan MenKes RI No. 034/Birhup/1972 dimana setiap rumah sakit diwajibkan untuk bisa melakukan penyelenggaraan rekam medis secara benar. Rekam medis secara tepat ini dilakukan dengan rumah sakit wajib memiliki serta merawat statistik yang selalu di perbarui dan juga memiliki rekam medis berdasar ketentuan yang sudah ditetapkan.

Tentunya setiap aturan tersebut memiliki tujuan dimana agar setiap institusi kesehatan, pelaksanaan rekam medis bisa berjalan baik. Terbukti dengan adanya aturan tersebut penyelenggaraan rekam medis di institusi kesehatan mulai berjalan baik meski memang belum bisa dibilang sempurna. Perkembangan medis dalam dunia rekam medis selanjutnya adalah dengan dikeluarkannya Permenkes No. 749a/89 demi menegaskan tata kelola rekam medis dan bisa menjadi landasan hukum untuk semua tenaga medis di rumah sakit dalam hal penyelenggaraan aktivitas rekam medis. Perjalanan sejarah rekam medis memang panjang karena memang aktivitas rekam medis adalah aktivitas penting demi berjalannya pengobatan yang lebih maksimal.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *