Perlengkapan Bayi Murah Low Budget yang harus Dimiliki!

By | November 10, 2018

 

Bayi yang baru lahir membutuhkan perhatian yang ekstra dikarenakan masih sensitif dengan lingkungan. Orangtua harus mulai memenuhi kebutuhan atau perlengkapan bayi dari sebelum melahirkan. Perlengkapan bayi bervariasi tergantung harganya sehingga orangtua yang mempunyai budget tidak banyak bisa membeli perlengkapan bayi murah mulai dari tempat mandi bayi, perlengkapan tidur, perlengkapan minum susu dan makan, dan lain sebagainya.

Peralatan mandi seperti tempat mandi bayi baru lahir memang harus diperhatikan, mulai dari bentuk, kedalamaan, luas, dan juga efektivitas dalam di bawa kemana-mana jika memang diperlukan.

Beberapa perlengkapan bayi murah lainnya yang bisa orangtua masukkan ke list wajib adalah sebagai berikut :

  1. Perlengkapan untuk Menyusui

Selain perlengkapan yang bersingguan dengan bayi secara langsung, ada beberapa perlengkapan wajib yang mendukung aktivitas menyusu bayi. Di antaranya adalah:

  • Pompa asi

Ibu yang bekerja ataupun yang tidak bekerja akan sangat aman jika menampung ASI. Dengan menggunakan pompa asi manual maupun elektrik, ibu bisa mengumpulkan ASI untuk beberapa minggu ke depan.

 

  • Wadah untuk ASI

Setelah asi di pompa, maka ibu bisa menaruhnya di wadah plastik atau kaca yang aman untuk penyimpanan ASI. Sebelum ASI dimasukkan, sebaiknya wadah disterilkan terlebih dahulu menggunakan air hangat. Kemudian jangan lupa untuk menandai kapan ASI diambil untuk mengetahui sampai kapan ASI itu layak dikonsumsi oleh bayi. ASI bisa disimpan di suhu ruang, di kulkas, atau freezer dengan memperhatikan jangkan waktunya.

 

  • Pendingin untuk ASI

Jika ingin ASI  bertahan sampai beberapa minggu, maka ibu bisa meletakkan ASI di dalam kulkas ataupun freezer. Tempat penyimpanan akan mempengaruhi berapa lama ASI akan bertahan. Jika ibu ingin ASI bertahan lebih lama, sebaiknya ibu menggunakan freezer khusus untuk menampung ASI.

 

  • Kain penutup ketika menyusui

Pada umumnya beberapa tempat umum sudah memberikan fasilitas kepada ibu untuk menyusui seperti pojok ASI. Namun jika ibu berada di tempat yang belum tersedia fasilitas tersebut, ibu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kain penutup untuk menyusui agar ibu dan bayi nyaman ketika menyusu dan menyusui.

 

  • Pembersih botol

Pembersih botol sangat bermanfaat untuk mensterilkan botol ASI dari berbagai kuman jika tidak langsung dibersihkan. Selain itu, ibu juga harus membeli sabun khusus yang digunakan untuk membersihkan wadah ASI.

 

  1. Topi Bayi

Ketika ibu sedang keluar, sebaiknya bayi menggunakan topi sesuai dengan ukuran kepala bayi agar terlindungi dari sinar matahari atau udara yang terlalu dingin atau terlalu panas. Jika ibu tidak mempunyai topi, ibu bisa menggunakan penggedongnya seperti jarik untuk menutup kepala si bayi, namun jangan sampai menutupi bagian mata dan pernapasan.

 

  1. Baju Hangat

Baju bayi memang harus masuk ke list wajib ibu dalam membeli peralatan bayi. Ketika cuaca dingin maka keadaan bayi yang masih sensitif akan merespon dengan cepat seperti kedinginan atau sampai flu. Untuk menghindarinya, ibu bisa membeli baju hangat yang harganya cukup terjangkau.

 

  1. Peralatan Kesehatan Bayi

Keadaan bayi yang masih rentan dengan lingkungan merupakan hal harus lebih diperhatikan ibu. Untuk itu, ibu harus mempersiapkan alat kesehatan  seperti minyak kayu putih, thermometer bayi, cutton bad, kain kassa, plester anti deman untuk menjaga bayi agar tetap hangat dan juga mengontrol kesehatan bayi. Jika bayi ibu sedang demam atau batuk ringan, sebaiknya ibu hanya memberikan ASI dan juga paparan sinar matahari pagi. Jika keadaan berlanjut, maka ibu bisa membawa bayi ke dokter.

 

So, ibu harus tetap siap sedia ya untuk kebutuhan bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *