Membersamai tumbuh kembang si kecil pasti dibutuhkan berbagai rangsangan agar bisa maksimal. Salah satunya adalah memilihkan permainan edukasi yang sesuai. Dengan pemilihan permainan edukasi yang sesuai dengan usianya, terbukti mampu membantu balita semakin pintar dan aktif. Tidak hanya itu, aktivitas tersebut juga bisa meningkatkan kecerdasan otak anak. Nah, ada banyak ragam permainan yang cocok untuk dilakukan balita. Salah satunya adalah permainan memasak. Dengan melakukan permainan memasak, anak bisa belajar banyak hal. Selain itu, masih ada banyak lagi ragam permainan untuk balita. Apa saja? Ini 5 rekomendasi permainan yang cocok untuk balita.

Ragam Permainan Yang Cocok Untuk Balita; Kertas Lipat Hingga Permainan Memasak

Kertas Lipat

Permainan menggunakan kertas lipat atau dikenal dengan origami, sangat cocok untuk aktivitas bermain balita. Selain bahannya yang murah dan mudah didapat, ada banyak sekali bentuk yang bisa dibuat. Mulai dari yang mudah hingga yang rumit. Namun tentunya untuk anak balita dimulai dari model yang paling mudah, misalnya pesawat terbang. Agar menarik minat si kecil, pilihlah kertas lipat yang berwarna, sehingga minimal si kecil mampu memahami perbedaan warna. Kemudian, ajari si kecil untuk mengikuti instruksi yang diberikan sehingga mampu melatih fokus dan konsentrasinya.

Permainan Memasak

Puzzle

Permainan puzzle sangat bermanfaat bagi balita. Puzzle akan melatih dan mengasah kecerdasan otak anak. Balita akan belajar bagaimana memecahkan teka teki saat penyusunan puzzle. Namun, pastikan puzzle yang diberikan sesuai dengan kemampuan si kecil. Apabila levelnya terlalu berat, bisa dipastikan si kecil akan cepat bosan. Oleh karena itu, pastikan Anda mendampingi saat si kecil bermain puzzle.

Lego

Siapa yang tidak tahu permainan Lego? Meski Lego adalah merek dagang, namun dewasa ini permainan bricks sudah biasa disebut dengan Lego. Permainan ini akan meminta si kecil menyusun bricks atau balok kecil menjadi sebuah bentuk yang utuh. Namun harus diperhatikan adalah ukuran lego yang cenderung kecil, sangat berpotensi tertelan oleh si kecil. Maka dari itu, pastikan mereka dalam pengawasan penuh saat bermain Lego.

Play-Doh

Masih seperti Lego, sebenarnya Play-Doh adalah sebuah merk dagang yang menjual adonan berwarna warni yang bisa dibentuk sesuka hati. Hal ini merujuk pada kata dough yang berarti adonan dalam Bahasa Inggris. Permainan ini mengajarkan tentang warna dan juga melatih motorik halus si kecil. Mereka akan belajar meremas, menggulung, memipihkan dan lain sebagainya. Dalam kemasan yang dijual satu set biasanya sudah ada alat pemotong dan pencetaknya. Sebagai tambahan, Anda bisa memandu si kecil untuk mengkreasikan warna Play-Doh dengan mencampurnya sehingga timbul warna baru.

Permainan Memasak

Mungkin hampir semua dari kita pernah merasakan bermain memasak di zaman kecil. Memang permainan ini memiliki banyak manfaat untuk anak. Pertama melatih daya imajinasi anak, anak akan bermain seolah olah sedang beraktivitas memasak sehingga otomatis kreativitasnya terbentuk. Kemudian si kecil juga akan belajar mengenai bentuk dan nama sayur serta jenis olahan makanan. Pada level yang lebih tinggi, si kecil juga akan belajar proses mengolah makanan yang benar. Inspirasi untuk model permainan memasak bisa dibaca lebih lanjut di sini.

Permainan Memasak

Mainan alat musik

Rekomendasi permainan yang cocok untuk balita selanjutnya adalah permainan alat musik. Si kecil akan belajar membunyikan alat musik, sehingga hal ini merangsang motorik halus dan motorik kasar mereka. Anda cukup memberikan arahan dan biarkan si kecil menciptakan musiknya sendiri. Hal ini juga akan merangsang kreativitas mereka.