Pilihan Obat Luka Diabetes yang Ampuh

By | July 8, 2016

Bahaya yang umumnya mengintai para penderita diabetes adalah luka yang tidak kunjung kering. Umumnya kejadian ini terjadi pada pasien yang menderita jenis diabetes basah. Luka tersebut akan sangat berbahaya jika tidak diobati dengan obat luka diabetes. Jika dibiarkan pada akhirnya anggota tubuh yang luka dapat membusuk dan kebanyakan dokter menyarankan amputasi agar bagian tubuh lain dapat terselamatkan.

Penderita diabetes basah mempunyai masalah dengan sistem tubuhnya. Jika pada orang normal, luka sayat akan sangat cepat kering maka berbeda dengan penderita diabetes kemampuan tersebut seakan menghilang. Dimungkinkan karena kinerja organ tubuh yang tidak bekerja secara maksimal untuk menghasilkan enzim-enzim yang dibutuhkan agar jaringan tubuh yang luka menutup.

Sejarah penderita diabetes banyak yang diamputasi kakinya akibat pembusukan. Pemotongan bagian tubuh ini dikarenakan luka yang tidak dapat diobati. Kaki adalah salah satu organ yang lumayan jauh jaraknya dari sistem tubuh yang lain. Apabila kandungan gula tinggi maka proses mengalirkan nutrisi dari makanan akan terganggu. Sehingga darah putih tidak bisa melakukan kinerjanya secara maksimal apalagi tanpa sumber makanan.

Sebuah luka harus dirawat dengan hati-hati apalagi untuk penderita diabetes. Karena luka kecil yang dialami dapat memicu pembusukan yang hebat. Cara merawat luka umumnya sama seperti merawat jenis luka yang lain. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bagian tubuh yang terluka harus segera dibersihkan untuk menghindari kuman dan bakteri yang mungkin saja tertinggal. Penggunaan sabun antiseptik sangat disarankan agar luka menjadi steril.
  2. Luka yang telah dicuci dikeringkan secara hati-hati. Gunakan lap yang lembut saat mengeringkan bagian tersebut. Jangan lupa memeriksa kelembaban dari celah-celah kaki dan tangan. Jika terasa lembab lap celah tersebut untuk menghindari pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan infeksi.
  3. Bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk memakai pelembab sampai bagian celah kaki. Selain itu merendam kaki terlalu lama juga dapat meningkatkan suhu lembab. Dan itu tidak bagus untuk kesehatan penderita diabetes.

Luka yang sudah steril tersebut dapat diolesi dengan obat luka diabetes seperti Jelly Gamat. Jenis obat ini difungsikan untuk mempercepat mengeringkan luka para penderita diabetes. Campuran komposisi dari teripang emas, stevia, ekstrak buah dan sayur telah sangat terbukti membuat luka menjadi kering. Penggunaanya juga cukup mudah hanya dioleskan tiga kali sehari pada luka.

Pembelian obat juga dapat melalui resep dokter dan telah tersedia di beberapa apotik dengan membawa resep obatnya. Dan jika ingin membeli di pasaran, usahakan konsumen mengetahui dengan baik bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu perhatikan pula kemasan apakah masih bersegel atau tidak serta kemasannya yang tidak rusak. Jangan sampai obat yang dibeli malah membuat luka semakin parah dan persentase untuk diamputasi semakin meningkat.

Olahraga yang teratur juga sangat disarankan agar tubuh tetap bugar. Penderita dapat melakukan olahraga ringan selama 10-15 menit dalam sehari (tiga kali seminggu). Karena menderita diabetes bukanlah menjadi vonis bahwa olahraga harus dihindari. Yang terpenting menjaga tubuh dari luka dan gunakan obat luka diabetes dengan segera bila pada saat beraktivitas ada luka pada bagian tubuh.

Disiplin yang ketat juga patut diterapkan khususnya pada makanan. Jangan mengkonsumsi yang makanan yang tinggi oleh gula karena akan memperparah tingkat hula dalam tubuh. Cukup usahakan makanan yang dikonsumsi mampu memenuhi energy harian yang dibutuhkan. Dan yang terakhir, sayangi diri anda sendiri, jangan lagi melanggar larangan yang dokter berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *