Pro dan Kontra Pengobatan Alternatif untuk Menyembuhkan Penyakit

By | August 30, 2017

Untuk dapat mengobati penyakit yang diderita, biasanya ada dua alternatif yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Pertama adalah dengan pengobatan medis dengan mengikuti prosedur pengobatan yang ada di puskesmas dan rumah sakit. Atau yang kedua ada jenis pengobatan alternatif yang merupakan jenis pengobatan selain dengan cara medis. Pengobatan jenis kedua tersebut bisa digunakan sebagai cara alternatif untuk menyembuhkan penyakit yang diderita oleh masyarakat.

Dimana ada banyak sekali jenis pengobatan yang mempunyai jenis alternatif dan banyak dipilih oleh masyarakat. Mungkin masyarakat masih ingat dengan Ponari anak kecil yang mempunyai batu saksi yang dapat menyembuhkan banyak pihak. Ketika itu pekarangan rumahnya penuh dengan banyak orang yang ingin merasakan pengobatan dari seorang anak yang menemukan batu ajaib tersebut. Banyak orang yang sengaja datang dari berbagai daerah untuk dapat membuktikan keampuhan pengobatan yang ada dan dipercaya banyak orang berhasil untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Akan tetapi sekarang ini sendiri Ponari sudah menjadi anak biasanya pada umumnya dan batu ajaib yang ada sudah tidak terdengar gaungnya lagi.

Seperti layaknya cerita Ponari, pengobatan alternatif di Indonesia sendiri masih menjadi pro dan kontra. Dimana untuk masyarakat yang pro dan setuju dengan pengobatan ini adalah mereka yang membuktikan khasiat dari pengobatan tersebut. Sehingga tidak ada alasan untuk menentangnya karena ada banyak pengalaman orang yang bisa untuk sembuh dari penyakitnya yang tidak bisa disembuhkan dengan cara medis. Apabila ingin mengikuti pengobatan dengan cara alternatif ini sendiri, ada beberapa hal yang biasanya ada dalam pengobatan ini. Beberapa hal ini sangat berpengaruh akan hasil yang akan didapatkan yaitu:

Baca juga: Macam-macam Pengobatan Alternatif di Dunia

  • Pertama adalah keyakinan bahwa pengobatan tersebut akan dapat untuk mengangkat dan menyembuhkan penyakit dari pasien. Sehingga memang banyak pasien yang datang dalam keadaan putus asa tetapi mempunyai harapan tinggi karena cerita keberhasilan banyak orang.
  • Metode yang digunakan juga penting dimana ada banyak metode yang bisa dipilih oleh pasien.

Sedangkan untuk kontraknya sendiri tentu saja dari masyarakat yang lebih percaya dengan tenaga dan pengobatan secara medis karena telah terbukti secara klinik bukan klenik. Masyarakat percaya bahwa ilmu pengobatan medis lebih mutakhir dan bisa diandalkan daripada pengobatan secara alternatif yang biasanya banyak sekali penipuan yang terjadi dari situ karena memanfaatkan harapan dan juga motivasi masyarakat saja sehingga hasilnya akan berbeda-beda untuk setiap orang.

Pro kontra tersebut tentu saja tidak membuat masyarakat urung untuk datang ke pengobatan alternatif. Bahkan banyak juga masyarakat yang mengambil jalan tengah yaitu dengan datang ke rumah sakit untuk menjalankan pengobatan secara medis tetapi juga berusaha dengan berobat secara alternatif. Tetapi pemilihan pengobatan jenis alternatif tersebut juga harus dipilih dengan baik yang terpercaya dan juga tidak merugikan masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *