Produk Perawatan Rambut yang Berbahaya untuk Kesehatan

By | April 30, 2018

Bagi para wanita, rambut adalah salah satu bagian tubuh yang sangat berharga dan senantiasa dirawat. Sehingga tak heran jika banyak yang mengatakan jika rambut sebagai mahkota wanita. Memiliki rambut yang sehat dan indah sangat menjadi dambaan semua wanita di dunia. Berbagai macam perawatan rambut dilakukan untuk mendapatkan rambut yang dinginkan dengan rutin melakukan perawatan di salon maupun dengan menggunakan produk yang berguna untuk menjaga keindahan rambut.

Namun tahukah Anda, bahwa tidak semua produk perawatan untuk rambut bagus untuk digunakan serta bagus untuk kesehatan. Berikut ini beberapa produk yang berbahaya untuk kesehatan, diantaranya adalah:

  • Cat rambut warna hitam yang permanen.

Produk cat rambut permanen khususnya yang berwarna hitam kebanyakan mengandung zat aminophenol, diaminobenzene, serta phenylenediamine yang merupakan turunan dari batubara. Ketiga bahan tersebut sangat beresiko memicu penyakit kanker. Selain ditemukan pada cat rambut permanen warna hitam, ketiga bahan tersebut juga terdapat pada produk shampoo anti ketombe.

  • Produk rambut yang mengandung parfum.

Kebanyakan produk perawatan rambut mengandung parfum (fragrance). Sebuah produk yang mencantumkan adanya komposisi fragrance saja sudah mengindikasikan bahwa produk tersebut mengandung banyaknya bahan kimia. Inilah alasan kenapa fragrance jarang dicantumkan pada komposisi bahan produk.

  • Pelurus rambut.

Ada sebagian wanita yang sangat mendapatkan rambut lurus. Hal ini bisa diwujudkan dengan adanya hair rebonding. Sayangnya dibalik kemudahan ini, krim pelurus rambut yang digunakan ternyata terkandung bahan kimia keras yang sangat beracun.

  • Produk rambut yang mengandung paraben.

Sebenarnya tidak hanya produk perawatan untuk rambut saja yang mengandung paraben, produk kosmetik secara keseluruhan juga mengandung paraben yang berfunsi sebagai pengawet. Contoh paraben yang harus dihindari adalah propyl, isopropyl, butyl, dan isobutyl. Paraben sangat tidak baik untuk kesehatan karena mengganggu sistem endoktrin yang mengganggu sistem reproduksi dan perkembangan janin.

  • Produk bleaching.

Produk bleaching umumnya mengandung resorsinol yang dapat mengiritasi kulit. Saat percobaan pada hewan, resorsinol mengganggu fungsi tiroid.

  • Produk rambut yang mengandung triclosan.

Bahan yang satu ini mudah ditemukan pada produk shampoo, sabun, dan spray rambut. triclosan berfungsi sebagai pestisida kuman, namun tergolong zat kimia yang beracun karena menyebabkan polusi lingkungan, terutama air. Menggunakan produk dengan kandungan triclosan akan menyebabkan tubuh resisten pada kuman.

  • Produk rambut yang mengandung phthalate.

Bahan kimia yang satu ini sering digunakan untuk pembuatan plastik. Untuk spray rambut, zat kimia ini dinamakan dengan dimethyl phthalate. Resiko dari bahan ini untuk tubuh adalah menyebabkan kemandulan, kanker payudara, dlsb.

  • SLS.

SLS yang merupakan kepanjangan dari Sodium Lauryl/Laureth Sulfate adalah bahan kimia yang berguna untuk membuat produk lebih berbusa. Umumnya ditemukan pada hampir seluruh produk pembersih. Bahan ini sangat memicu timbulnya iritasi kulit, mata, serta paru-paru.

Baca juga Ini Dia Beberapa Bahan Tradisional yang Bisa Digunakan untuk Perawatan Rambut Hitam Anda

  • Alkohol dan silicon.

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol dan silikon sangat tidak baik untuk kesehatan. Pada rambut akan menyebabkan susah diatur dan kusam. Dan kandungan alkohol akan membuat kulit kepala kering dan berketombe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *