Proteksi Diri dari Kanker Mulut dengan 4 Tindakan Berikut Ini!

By | March 7, 2018

Penyakit kanker mulut merupakan jenis kanker yang terjadi pada area mulut, mulai dari lidah, gigi, sampai pada tenggorokan. Biasanya penderita tidak menyadari sel kanker berkembang pada mulutnya sehingga ketika diketahui sudah dalam fase akut atau parah. Ketika sudah diketahui dalam kondisi akut maka mau tidak mau harus menjalani serangkaian kemoterapi atau metode pengobatan kanker jenis lainnya. proses penyembuhannya cukup lama dan setiap pengobatan memberikan efek samping yang terasa menyakitkan.

Proteksi Diri dari Kanker Mulut dengan 4 Tindakan Berikut Ini!

Proteksi Diri dari Penyakit Kanker Pada Mulut

Oleh sebab itu dihimbau untuk melakukan pencegahan karena ketika kanker sudah berkembang kemungkinan sembuhnya sangat kecil. Faktor keberuntungan ternyata ikut berperan, maka lindungi diri dari penyakit ini dengan beberapa cara sebagai berikut:

  • Rajin membersihkan gigi dan mulut,

Kesehatan gigi dan mulut seperti lidah maupun tenggorokan ketika terjaga maka kecil kemungkinan akan mengalami penyakit kanker. Ditambah terhindar pula dari gangguan mulut lainnya mulai dari bau nafas tak sedap, sariawan, sampai sakit gigi berkepanjangan. Maka hindari kanker dan penyakit pada mulut dengan rajin menjaga kebersihannya mulai dari sikat gigi sampai membersihkan lidah secara rutin.

  • Rutin mengunjungi dokter gigi,

Memastikan gigi sehat dan bersih dari yang namanya plak ataupun stain maka usahakan rutin mengunjungi dokter gigi langganan Anda. Kebersihan area mulut akan lebih maksimal ketika kontrol kondisinya ke dokter gigi. Biayanya kadang memang mahal untuk pembersihan karang gigi maupun noda kopi, namun setidaknya besar kemungkinan terhindar dari yang namanya penyakit kanker mulut. Anda pun bisa menikmati aktifitas bicara dengan lugas dan menyantap makanan tanpa was-was kanker menyerang.

  • Hindari merokok,

Kebiasaan merokok selain membuat gigi berwarna kecoklatan ternyata juga mengundang sel kanker tumbuh di area mulut. Anda tentu tidak ingin kehilangan kenyamanan berbicara dan menikmati makanan favorit bukan? Oleh sebab itu hindari kebiasaan merokok ataupun mengkonsumsi apapun yang mengandung tembakau. Kandungan nikotin dan zat berbahaya lainnya bisa membuat Anda mudah terserang kanker di area mulut. Sebaiknya dicegah sejak sekarang karena proses berhenti merokok kadang memakan waktu hingga tahunan, jadi jangan tunda sampai besok.

Baca Juga 7 Gejala Awal Penyakit Kanker Mulut yang Harus Diwaspadai

  • Konsumsi makanan yang efektif mencegah kanker,

Selain memperhatikan kesehatan dan kebersihan area mulut sepertinya akan semakin efektif pencegahan yang dilakukan. Apabila ikut mengkonsumsi makanan anti kanker, pilihannya tentu ada banyak sehingga bisa dijadikan menu dalam keseharian. Mulai dari semua jenis sayuran dengan warna hijau gelap kemudian beberapa jenis biji-bijian seperti biji rami. Ada pula pilihan yang paling mudah adalah mengkonsumsi bawang putih, maka masukan rempah ini ke dalam bumbu menu yang Anda masak. Sehingga resiko terkena kanker mulut semakin kecil berkat makanan yang disantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *