Punya Rematik? Rawat Penyakit Anda dengan 4 Tips Ini!

By | December 15, 2017

Ada beberapa jenis penyakit yang memang belum bisa disembuhkan sampai sekarang meski teknologi di dunia kesehatan sudah canggih. Namun penyakit tipe ini bisa diatasi dengan cara diredakan, dan sebagian besar penderitanya tetap hidup nyaman meski memiliki penyakit yang sewaktu-waktu bisa sangat terasa menyiksa. Salah satunya adalah rematik, yakni sejenis penyakit yang menunjukan adanya pembengkakan pada persendian sehingga menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Jika dibiarkan penyakit ini bisa merusak bahkan menghancurkan persendian dan tulang di persendian tersebut.

Tips Merawat Penderita Penyakit Satu Ini

Penyakit satu ini memang tidak bisa disembuhkan, namun rasa sakitnya bisa diredakan supaya penderita dapat hidup dan beraktivitas sebagaimana biasanya. Beberapa tips berikut membantu merawat penderita penyakit ini agar bisa beraktivitas normal:

  • Mengkonsumsi obat pereda rasa sakit,

Penyakit di persendian ini memang akan menimbulkan rasa yang amat sakit, maka bisa diredakan dengan mengkonsumsi obat pereda sakit. Jenisnya sangat banyak sebut saja seperti paracetamol, dan beberapa jenis lain yang bisa ditemukan di apotek terdekat. Kalau untuk pengobatan awal baiknya minta anjuran dan resep dokter supaya bisa hidup nyaman dengan penyakit ini.

  • Menggunakan steroid,

Steroid merupakan obat sintetis yang dikenal efektif meredakan rasa sakit sekaligus mengurangi pertumbuhan rematik. Pembengkakan pada otot dan persendian akan lebih lambat bahkan bisa berhenti sama sekali kalau rutin mengoleskan atau menyuntikan steroid ini. Sebagai obat sintetis, steroid hadir dalam beberapa bentuk ada yang berbentuk salep sehingga tinggal dioleskan ke area yang terkena penyakit ini. Beberapa berbentuk tablet yang tinggal minum, dan ada yang berbentuk cairan suntik sehingga perlu di suntikan ke badan.

  • Rutin melakukan terapi,

Terapi menjadi pilihan menarik untuk membantu meredakan rasa sakit dan menghambat pertumbuhan arthritis pada persendian dan otot. Jenis terapi yang bisa dilakukan beragam, mulai dari terapi okupasi, fisioterapi, dan podiatri. Masing-masing terapi membantu persendian dan otot di tubuh tidak kaku selama arthritis menyerang sehingga masih bisa berjalan dengan tegak dan minimal lancar meski memakai tongkat. Terapi lainnya adalah terapi biologis yang lebih modern dengan menyuntikan cairan tertentu yang menghambat perkembangan arthritis, dan dilakukan secara bertahap.

  • Mempertimbangkan tindakan operasi,

Tindakan operasi juga bisa dijadikan pilihan bagi penderita arthritis, apabila ketika menjalani terapi dan konsumsi obat-obatan di atas tidak menunjukan perkembangan berarti. Anda yang memang menyadari perkembangan penyakit ini susah dihentikan dan rasa sakitnya semakin menjadi bisa memilih metode operasi ini. Operasi bertujuan untuk mengembalikan persendian yang sudah berubah bentuk sampai sekedar meredakan rasa sakit. Baiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan tindakan operasi rematik ini supaya tidak salah langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *