Ragam Obat Alami untuk Menyembuhkan Batuk

By | July 31, 2017

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh masyarakat, apalagi ketika musim pancaroba dan musim hujan. Batuk bisa diderita siapa saja, dari anak-anak, orang dewasa, hingga lanjut usia. Ada banyak obat batuk yang dijual di pasaran, namun bagi yang lebih suka obat alami, berikut ini adalah obat batuk alami dengan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar:

Baca juga: Obat Alami Mengatasi Gatal-Gatal Yang Benar-Benar Berkhasiat

  1. Jeruk Nipis

Obat alami untuk menyembuhkan batuk yang pertama adalah jeruk nipis. Cara untuk membuat obat batuk tradisional ini adalah dengan cara mencampurkan perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Minum ramuan ini 2-3 kali setiap harinya hingga batuk sembuh.

  1. Jahe

Jahe memiliki kandungan zat anti bakteri yang sangat baik untuk tubuh. Tak hanya dapat menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Untuk mengobati batuk bisa dengan cara membuat air jahe dengan merebus jahe yang sudah ditambahkan dengan gula. Minum ketika hangat dua hingga tiga kali setiap harinya.

  1. Kencur

Bumbu dapur ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan batuk, caranya bisa dengan merebus parutan kencur yang dicampur dengan jahe kemudian minum air rebusannya yang sudah disaring. Selain itu bisa juga menghisap kencur yang sudah dikupas layaknya permen untuk menyembuhkan batuk.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati batuk yang mengganggu. Caranya adaah dengan merebus beberapa lembar daun sirih yang dicampur dengan beberapa irisan jahe. Air rebusan tersebut kemudian disaring lalu minum minum minimal satu kali sehari.

  1. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh biasanya digunakan untuk bahan masakan, namun belimbing wuluh ini juga bermanfaat untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan memarut belimbing wuluh kemudian campurkan ke dalam gelas berisi air, tambah sedikit garam lalu aduk dan saring. Minum air ramuan tersebut dua kali sehari agar batuk cepat sembuh.

  1. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai tanaman rimpang yang mengandung zat anti biotik yang bermanfaat untuk mengobati peradangan di bagian saluran nafas yang menjadi penyebab batuk kering. Cara untuk mengobati batuk dengan kunyit adalah dengan mencampur satu sendok bubuk kunyit dan bubuk merica sebanyak setengah sendok teh ke dalam ai mendidih. Minum obat batuk alami ini dua kali sehari.

  1. Cabe Jawa / Cabe Puyang

Cabe Jawa atau dikenal juga dengan cabe puyang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untuk mengobati batuk . Caranya adalah dengan menumbuh cabe puyang kering kemudian campurkan ke dalam air madu. Minum ramuan ini satu kali sehari hingga batuk sembuh.

Itulah beberapa obat alami yang bisa mengobati batuk tanpa adanya efek samping. Obat batuk alami ini sudah dipercaya turun temurun untuk mengobati batuk, namun apabila ingin cepat sembuh tentunya ramuan dari bahan-bahan alami tersebut harus dikonsumsi secara teratur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *