Ragam Obat Herbal Asma

By | November 21, 2016

Asma adalah salah satu jenis penyakit yang bisa kambuh setiap saat, apalagi asma ini juga jenis penyakit yang menurun, sehingga pengobatan serta pencegahannya harus dilakukan secara rutin. Beragam pengobatan medis tentunya bertebaran, namun biayanya juga terbilang mahal. Namun, tak perlu khawatir, karena penyakit ini bisa diobati dengan ragam obat herbal asma. Apa saja obatnya? Berikut ulasannya:

Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang sering dipakai untuk obat. Selain dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati asma, serta sesak pada dada. Para peneliti menemukan fakta bahwa tanaman jahe dapat melancarkan pernapasan serta mengurangi peradangan di saluran napas, selain itu jahe juga bisa meningkatkan relaksasi pada otot pernapasan, sehingga aliran napas pun dapat berjalan lancar.

Cara pengobatan asma menggunakan jahe ini adalah dengan mencampurkan air jahe, air delima, serta madu. Kemudian minum air campuran tersebut satu sendok makan sebanyak dua hingga tiga kali sehari. Selain itu bisa juga meminum air jahe setiap kali sebelum tidur.

Bawang Putih

Bawah putih tentunya sering digunakan sebagai bumbu dapur ketika memasak, namun bumbu dapur ini ternyata juga bisa mengobati penyakit asma.

Cara pengobatannya adalah dengan merebus dua hingga tiga siung bawang putih ke dalam seperempat cangkir susu. Kemudian minum selagi hangat.

Kopi

Kopi adalah jenis minuman yang mengandung kafein yang bermanfaat untuk mengendalikan serangan asma. Kopi panas mampu membersihkan saluran pernapasan sehingga napas akan lebih lancar. Semakin kuat kopi yang diminum, maka hasilnya juga akan semakin baik.

Akan tetapi, jika tak menyukai kopi, bisa juga meminum secangkir teh hitam yang memiliki kandungan kafein cukup besar.

Baca juga: 3 Resep Obat Herbal Asma yang Mudah Dibuat

Madu

Seperti yang diketahui, madu merupakan obat dari banyak penyakit, salah satunya juga bisa untuk mengobati asma. Caranya adalah bisa dengan menghirup aroma madu, atau meminum air madu setiap hari. Bisa juga dengan mencampurkan madu dengan bubuk kayu manis. Campuran dua bahan ini bisa membantu untuk mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan, sehingga akan membuat pernapasan lebih lancar.

Bawang Bombay

Selain bawang putih, bawang bombay juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asma. Manfaat dari bawang bombay ini adalah dapat mengurangi penyempitan saluran nafas karena bersifat anti-inflamasi. kandungan sulfur pada bawang bombay juga bisa mengatasi peradangan dalam paru-paru. Caranya cukup dengan makan bawang bombay mentah, apabila tidak bisa, dapat juga dengan cara memasaknya.

Air Jeruk Nipis

Obat herbal asma selanjutnya adalah air jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang tinggi, sehingga akan bisa mengurangi gejala asma. Minum segelas air jeruk nipis yang telah ditambahkan gula secukupnya. Apabila diminum secara rutin untuk mengurangi asma.

Itulah ragam obat herbal asma yang bisa digunakan untuk mengurangi asma, sehingga pernapasan akan semakin lancar dan tubuh pun semakin sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *