Ragam Obat Tumor Secara Medis

By | November 25, 2016

Tumor adalah jenis penyakit yang harus mendapatkan perhatian serta tindakan yang srius, karena apabila tidak ditangani secara serius, maka bukan tida mungkin tumor dapat mengancam jiwa, apalagi jika yang berkembang dalam tubuh adalah tumor ganas yang dapat berubah menjadi sel-sel kanker. Oleh karena itu selain menggunakan obat tumor berbahan herbal, alangkah lebih bijak jika melakukan pengobatan secara medis juga.

Tindakan medis dalam pengobatan tumor ini adalah untuk mempercepat proses penyembuhan pada pasien.  Ada beberapa jenis pengobatan medis yang dapat dilakukan untuk mengobati tumor, yaitu:

  1. Operasi Pembedahan

Operasi pembedahan adalah salah satu jalan yang dapat digunakan agar sel tumor dalam tubuh dapat diangkat, selain itu operasi ini juga dapat membasmi sel tumor dengan cepat.

Solusi pengobatan tumor berupa tindakan pembedahan memang seringkali dipilih karena merupakan langkah paling cepat untuk menghentikan penyebaran sel tumor dalam tubuh.

Operasi pembedahan biasanya dilakukan sebelum sel tumor menyebar dalam tubuh, apalagi jika telah menyebar ke organ-organ penting yang ada di dalam tubuh. Misalnya, apabila tumor telah menyebar pada hati atau otak, maka pembedahan tidak bisa dilakukan karena hal tersebut bisa berpengaruh pada fungsi otak serta hati pasien. Untuk melakukan tindakan pengangkatan tumor, maka harus dilakukan atas izin dari keluarga, dan biayanya pun tetap mahal. Oleh karena itu, apabila sudah merasakan tanda-tanda keberadaan tumor dalam tubuh, sebaiknya langsung diperiksakan serta dikonsultasikan pada dokter ahli agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.  

  1. Radio Terapi

Pengobatan dengan radio terapi adalah jenis pengobatan yang menggunakan sinar x. Sinar x sendiri merupakan sinar khusus yang mampu menghancurkan sel-sel tumor dalam tubuh tanpa adanya rasa sakit. Dengan sinar x ini maka seltumor tida akan berkembang serta menjalar ke seluruh tubuh. Radio terapi ini biasanya dilakukan sesudah operasi pembedahan dan pengangkatan tumor. Sama halnya dengan pembedahan tumor, radioterapi bisa menjadi pilihan lain yang bisa dilakukan oleh pasien.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi tak hanya bisa digunakan untuk pengobatan kanker, tapi juga dapat digunakan untuk mengobati tumor. Kemoterapi ini menyasar langsung sel-sel tumor sehingga bisa mengobatinya secara cepat dan tepat. Obat tumor dalam kemoterapi bisa diberikan lewat pil, injeksi, sirup, serta ada juga yang menggunakan krim yang dioleskan ke kulit.

Kemoterapi ini biasanya dilakukan pada penyakit tumor yang telah menyebar ke bagian tubuh lain. Kemoterapi dilakukan sesudah tindakan operasi sel tumor, langkah ini dilakukan guna memastikan bahwa seluruh sel tumor telah mati serta juga untuk mempercepat penyembuhan pasien. Namun, jenis pengobatan dengan kemoterapi ini memiliki efek samping, seperti mual, rambut rontok, badan lemas, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa obat tumor yang dapat dilakukan secara medis dalam penyembuhan pasien. Beragam cara memang boleh ditempuh, dan yang pasti pasien tetap harus mendapatkan dukungan dari keluarga dalam proses pengobatan dan penyembuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *