Ragam Penyakit Stroke dan Upaya Mengurangi Risikonya

By | May 11, 2018

Stroke mungkin penyakit yang sering Anda dengar. Penyakit yang umumnya diderita oleh sebagian besar masyarakat bisa dibedakan menjadi 2 jenis diantaranya. Iskemik yang disebabkan oleh pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah dan oksigen menuju ke otak mengalami penyempitan sehingga pasokan darah di otak menjadi berkurang. Jenis ini dibedakan lagi menjadi trombolik yang disebabkan adanya penggumpalan darah yang menutup pembuluh dan menghambat darah dan oksigen ke otak. Kedua yaitu embolik, munculnya gumpalan darah yang menghambat arteri di otak. Jenis kedua adalah hemoragik, jenis penyakit ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga terjadi pendarahan biasanya bisa disebabkan oleh hipertensi, pengobatan yang menggunakan antikoagulan, dan aneurisma otak.

Ragam Penyakit Stroke dan Upaya Mengurangi Risikonya

Faktor Munculnya Stroke

Setiap orang memiliki risiko terkena stroke yang sama. Beberapa risiko lain yang hampir sejenis bahkan juga menimbulkan risiko serangan jantung diantaranya adalah hipertensi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas, sleep apnea, sudah pernah terkena serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Selain risiko kesehatan di atas, gaya hidup juga ikut mempengaruhi seperti merokok, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, kecanduan minuman beralkohol maupun obat-obatan. Faktor keturunan dan usia juga ikut meningkatkan risiko Anda terserang penyakit yang satu ini.

Gaya Hidup Sehat Mengurangi Risiko Stroke

Penyakit stroke bisa Anda sebenarnya bisa Anda antisipasi dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulainya, antara lain:

  1. Pola makan yang sehat bisa anda terapkan dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam dan berlemak. Makan-makanan tersebut bisa meningkatkan kolesterol dalam darah serta bisa menjadi pemicu utama penyebab terjadinya hipertensi. Konsumsilah makanan rendah lemak, tinggi serat, berprotein, dan mengandung vitamin yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur, biji-bijian, buah, dan daging rendah lemak.
  2. Berhenti merokok menjadi salah satu cara yang bisa Anda tempuh, Rokok bisa menyebabkan risiko penyakit ini menjadi dua kali lipat lebih tinggi karena ia mampu mempersempit pembuluh darah Anda.
  3. Mulailah melakukan olahraga secara teratur. Kegiatan yang satu ini akan membuat jantung Anda dan sistem peredaran darah di dalam tubuh bisa berjalan lancar. Kadar kolesterol di dalam darah Anda bisa menurun serta bisa menjaga berat badan yang Anda miliki tetap stabil.
  4. Hindari mengonsumsi obat-obatan terlarang atau NAPZA. Konsumsi obat-obatan ini bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah terutama arteri dan berkurangnya aliran darah pada tubuh.
  5. Jika sebelumnya Anda menyukai minuman beralkhohol, hendaknya saat ini juga segera Anda kurangi. Di dalam minuman beralkhohol ia memiliki kalori yang tinggi sehingga menyebabkan penyakit yang bisa memicu stroke seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Selain resiko di atas, mengkonsumsinya juga bisa menjadi pemicu detak jantung yang tidak beraturan.

Baca juga Produk Obat Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *