Ramuan Alami untuk Atasi Nyeri Haid yang Menyiksa

By | September 27, 2017

Menstruasi merupakan hal yang alami dan terjadi pada wanita. Semua wanita yang sudah dalam masa pubertas hampir pasti mengalaminya karena memang sebuah proses yang alami. Ketika masa menstruasi tiba, sebagian besar wanita kerap merasakan rasa nyeri dan sakit luar biasa di bagian pinggang dan perut terutama. Untuk yang merasakan nyeri normal mungkin masih bisa melakukan aktivitas meski terkadang tidak maksimal, namun ada juga yang harus berhenti dari aktivitasnya karena sakit yang luar biasa. Untuk bisa meringankan nyeri ini, ada baiknya jika menggunakan ramuan alami.

Jika Anda kerap merasakan keluhan seperti ini, maka ada baiknya untuk tidak membiarkannya begitu saja melainkan juga harus berusaha diobati. Sebelum pergi ke dokter atau apotek, Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan ragam bahan alami di sekitar Anda berikut ini:

Baca juga: Ramuan Alami Untuk Menghilangkan Komedo

  • Ramuan kunyit

Kunyit mengandung curcuminoid dimana banyak dipercaya untuk bisa membantu dalam mengangkat sel asing di tubuh serta mampu mendetoksifikasi tubuh dengan alami. Dengan sifatnya yang demikian, maka kunyit pun mampu untuk bisa menyerap seluruh kandungan obat medis. Dengan konsumsi air kunyit rebus, maka akan bisa membantu dalam proses peluruhan dinding di rahim sehingga lebih bersih dan mudah. Hal ini juga membantu untuk mengurangi nyeri ketika Anda haid.

  • Ramuan asam jawa

Selanjutnya ada ramuan alami dari air asam jawa yang mengandung potassium tinggi. Dengan adanya kandungan ini, maka proses peluruhan sel endometrium akan membuatnya semakin cepat sehingga mampu meredakan kontraksi di otot rahim. Efek panas yang ada di perut pun bisa dikurangi dengan air asam jawa ini karena efek astringent di dalamnya.

  • Ramuan jus berry

Keluarga berry memiliki banyak kandungan mulai dari vit C, potasium, selenium hingga antioksidan. Semua buah berry demikian sehingga Anda bisa memilihnya sesuai selera mulai dari raspberry, blueberry hingga strawberry. Dengan membuat jus berry tanpa gula, maka proses peluruhan yang ada di dinding rahim ini akan bisa lancar dan ketegangan otot rahim bisa lebih diredakan.

  • Air kelapa hijau

Jika Anda malas untuk membuat berbagai macam ramuan, maka cukup beli kelapa hijau dan minumlah airnya secara langsung. Minumlah 3 hari berturut-turut dengan intensitas 2 kali dalam sehari untuk bisa mendapatkan banyak khasiatnya.

Itulah beberapa ramuan alami yang bisa jadi pilihan ketika Anda sedang merasakan sakit saat haid. Pada dasarnya, rasa nyeri ketika haid tersebut sangat umum dialami oleh sebagian besar wanita. Meski begitu jika memang rasa nyeri tersebut sudah membuat Anda kesakitan hingga kesulitan dalam beraktivitas maka ada baiknya jika langsung menghubungi dokter karena dikhawatirkan ada gejala penyakit lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *