Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit

By | February 14, 2017

Gatal-gatal adalah salah satu gangguan kulit yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menumpuk di kulit. Biasanya orang menyepelekan jika gatal, cara mengatasinya cukup dengan menggaruknya. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan ruam dan iritasi. Jika Anda mengalami gatal-gatal solusinya bisa menggunakan ramuan herbal untuk mengobatinya.

Ramuan herbal adalah ramuan yang terbuat dari bahan alami yang mudah didapatkan di sekitar kita. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis bahan alami yang bisa dijadikan ramuan mengobati gatal-gatal pada kulit.

Ramuan Air Kelapa

Cara mengatasi gatal yang pertama adalah dengan air kelapa muda. Cara ini sangat efektif untuk mengaasi masalah gatal akibat alergi. Membuat ramuannya sangat mudah, yaitu hanya tinggal mencampurkannya dengan madu, lalu minum secara rutin sampai gatal-gatal hilang.

Ramuan Mahkota Dewa

Cara berikutnya mengatasi gatal-gatal adalah dengan menggunakan mahkota dewa. Tanaman ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara membuat ramuannya adalah ambil beberapa lembar daun mahkota dewa, lalu haluskan. Setelah halus balurkan ramuan ke bagian tubuh yang gatal.

Ramuan Minyak Kelapa Dan Daun Biduri

Campuran minyak kelapa dengan daun biduri ternyata bisa mengatasi masalah gatal-gatal. Caranya sangat mudah olesi daun biduri menggunakan minyak kelapa lalu simpan di atas perapian. Apabila sudah hangat, tempelkan pada bagian kulit yang gatal. Namun, sebelum daun ditempelkan sebaiknya pastikan kulit sudah dibersihkan.

Ramuan Kulit Batang Kamboja

Ramuan untuk mengatasi gatal-gatal berikutnya adalah batang dari kamboja. Bunga kamboja bentuknya sangat indah selain itu ternyata kulit dan batangnya bisa mengatasi masalah gatal-gatal. Cara membuat ramuannya adalah dengan menggiling atau menghaluskan kulit kamboja sampai halus. Setelah halus, balur kulit yang gatal dengan menggunakan ramuan kulit batang kamboja.

Ramuan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah bahan alami yang memberikan manfaat dan khasiat, salah satunya adalah mengatasi gatal-gatal. Hal tersebut karena kandunagn di dalamnya berupa zat anti jamur, antiseptic dan anti bakteri yang bisa mengurangi rasa gatal. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda tinggal meneteskan cuka sari apek ke kapas atau kain, lalu oleskan pada kulit yang gatal. Anda bisa mencampurkannya dengan air terlebih dulu atau agar hasilnya lebih efektif bisa ganti campuran air dengan tanah liat. Selain untuk mengatasi gatal-gatal, cuka sari apel bisa juga mengatasi masalah kulit yang iritasi.

Ramuan Daun Kemangi

Daun kemangi biasa digunakan untuk lalapan, selain rasanya yang nikmat daun ini bisa dijadikan ramuan herbal alami mengatasi gatal-gatal dan iritasi pada kulit. Hal ini karena daun kemangi memiliki kandungan zat anti gatal yaitu kapur barus dan thymol. Cara menggunakannya adalah daun kemangi dihaluskan, lalu gosokkan ke bagian kulit yang gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *