Referensi Medis Untuk Menghilangkan Bekas Luka Membandel

By | June 29, 2017

Referensi Medis Untuk Menghilangkan Bekas Luka Membandel – Untuk memiliki kulit mulus, seseorang rela melakukan apapun termasuk menghilangkannya dengan bahan alami, dan membeli bahan-bahan yang telah tersedia di pasaran. Namun, jika semua usaha alami telah dilakukan dan tidak mendapatkan hasil. Apa perlu prosedur medis untuk menangani bekas-bekas luka? Salah satu cara untuk kesehatan kulit adalah mengkonsumsi vitamin E. Berbagai studi memang memperbolehkan penggunaan salep, krim dan suplemen vitamin E. Disamping itu, dapat dibantu dengan asupan biji-bijian, sayuran hijau dan kacang-kacangan yang mengandung banyak vitamin E. Namun jika bekas luka tidak kunjung hilang? Apa yang harus dilakukan?

Berikut beberapa Referensi Medis Untuk Menghilangkan Bekas Luka Membandel

  • Dermabrasi

Dermabrasi adalah semacam operasi kecil pada kulit wajah dengan menggunakan beberapa teknik untuk membentuk permukaan kulit wajah. Hasilnya kulit wajah akan terasa lebih halus dan rata karena lapisan atas kulit akan terbuang. Biasa dermabrasi dilakukan untuk seseorang yang memiliki bekas luka di wajah seperti bekas jerawat, luka bakar, dan menyamarkan garis-garis keriput. Prosedur ini menggunakan alat seperti kipas penyayat dengan roda mutiara. Penyayat ini berputar di area kulit wajah anda untuk mengiris kulit mati, saat dilakukan dermabrasi biasanya pasien akan di bius agar tidak merasakan rasa nyeri. Manfaat dermabrasi akan terasa setelah jarak waktu 8 – 11 minggu. Namun tingkat keberhasilan alat ini tidak mencapai 100%, perbaikan kulit hingga 50% sudah dibilang cukup baik.

  • Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah salah satu metode perawatan kulit wajah, mau untuk wanita ataupun laki-laki. Secara umum manfaatnya hampir sama dengan dermabrasi namun mikrodermabrasi dilakukan untuk mengikis luka yang lebih dangkal dan lebih kecil saja. Contohnya : bintik hitam, wajah kusam, garis halus dan bekas jerawat yang ringan. Metode mikrodermabrasi seperti pengelupasan kulit lapisan atas menggunakan sebuah alat khusus. Alat tersebut dapat menyemprotkan kristal aluminium oksida. Maka, bagi anda yang ingin memiliki wajah yang lebih cerah, dapat melakukan perawatan ini rutin 1×1 minggu, hasilnya akan anda rasakan setelah beberapa minggu. Bagusnya, perawatan ini dianggap tidak menghasilkan efek negatif untuk pasien. Namun ada syarat tertentu yang harus anda hindari tergantung dari jenis kulit wajah anda, lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum melakukan microdermabrasi.

  • Suntikan Steroid

Suntikan steroid berupa suntikan untuk jerawat, guna menghilangkan bekas jerawat dan dapat mengempeskan radang jerawat dalam jangka waktu 1-2 hari saja. Sebagian perempuan risih dengan tumbuhnya jerawat, hal ini dapat diatasi dengan suntik steroid, selain itu suntikan steroid pun dapat menghilangkan bekas jerawat hanya dengan menyuntik berulang-ulang pada bekas jerawat tanpa rasa sakit. Jika pasien memiliki banyak jerawat, bukan berarti suntikan diberikan ke setiap jerawat, namun tetap akan diberi suntikan pada beberapa titik saja.

  • Laser Resurfacing

Laser resurfacing adalah salah satu jenis perawatan kulit juga yang terbilang aman tanpa efek samping, gunanya hampir sama dengan beberapa perawatan di atas yaitu mengurangi kerutan dibagian wajah dan menyamarkan bintik, flek dan bekas jerawat. Teknik ini seperti dermabrasi, laser resurfacing tidak seperti laser sebelumnya yang membutuhkan waktu pemulihan lebih lama. Karena laser ini dapat membantu produksi jaringan kolagen di kulit dermis tanpa mengikis lapisan kulit atas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *